• Follow Us On : 
Dandim 0205/TK Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti: TNI Siap Mendukung Tugas Polri Dalam Pelaksanaan Operasi Keselamatan Toba 2024 Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Toba 2024

Dandim 0205/TK Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti: TNI Siap Mendukung Tugas Polri Dalam Pelaksanaan Operasi Keselamatan Toba 2024

Rabu, 13 Maret 2024 - 05:08:57 WIB
Dibaca: 1162 kali 
Loading...

Petunjuk7.com, KARO [ Dandim 0205/TK Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Toba 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan di Halaman Depan Mako Polres Tanah Karo, Rabu 13/3/2024.

Apel Gelar Pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman dan dihadiri Bupati Karo Cory S Sebayang, Dandim 0205/TK Letkol Inf Ahmad Afriyan, Kajari Karo Tri Sutrisno SH dan diikuti sejumlah peleton dari TNI-Polri, Dishub, Satpol PP.

Dalam amanat Kapoldasu Irjen Pol Agung yang dibacakan Wakapolres Kompol Zulham menyampaikan bahwa Operasi Keselamatan Lalu Lintas Toba 2024 mengedepankan kegiatan preemtif, preventif disertai penegakan hukum (gakkum) dengan pendekatan humanis dan edukatif.

“Tujuan dari operasi ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas. Sehingga tercipta keamanan, ketertiban, kelancaran, dan keselamatan berlalu lintas (kamseltibcarlantas) yang optimal,” kata Kompol Zulham 

Kompol Zulham menambahkan, Permasalahan keselamatan berlalu lintas merupakan isu kompleks yang memerlukan kerja sama dari semua pihak, tidak hanya Polri tetapi juga sinergi antar stakeholder . Selama bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 2024, Operasi Keselamatan Toba 2024 ini diharapkan dapat menciptakan kondisi yang kondusif dalam berlalu lintas.

Dilanjutkannya, dalam mewujudkan hal tersebut, bahwa Polri telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi untuk mengubah mindset masyarakat agar lebih sadar dan taat aturan lalu lintas.

"Operasi ini akan fokus pada kegiatan preemtif dan preventif serta didukung dengan penegakan hukum yang humanis dan edukatif. Karena penekanan angka pelanggaran lalu lintas tentunya sangat berdampak pada pengurangan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya", kata Waka. 

Sasaran operasi keselamatan ini meliputi pelanggaran dalam berkendara seperti menggunakan telepon genggam, pengemudi dibawah umur, sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengaruh alkohol, penggunaan helm SNI, dan penggunaan sabuk pengaman, serta pelanggaran lainnya termasuk berkendara melawan arus dan melebihi batas kecepatan serta penggunaan knalpot yang dimodifikasi atau biasa disebut knalpot brong/blong.

Tindakan yang akan dikenakan kepada para pelanggar mencakup tilang elektronik (ETLE) baik statis maupun mobile dan penindakan langsung. "Mari bersama kita wujudkan keselamatan berlalu lintas dengan senantiasa taat pada peraturan hukum berlalu lintas, untuk menekan angka kecelakaan, khususnya di wilayah Kabupaten Karo", pungkas Zulhan

Ditempat yang sama, Dandim 0205/TK Letkol Inf Ahmad Afriyan mengatakan, TNI akan mendukung penuh Operasi Keselamatan Lalu Lintas Toba 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan di wilayah hukum Polres Tanah Karo ini secara proaktif dan kolaboratif.

Operasi Keselamatan ini harapannya dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat, untuk selalu mengutamakan keselamatan berlalu lintas selama berkendara dan berada di jalan. Semoga dengan operasi ini dapat mengurangi angka fatalitas kecelakaan di wilayah Kabupaten Karo. TNI akan bersinergitas dengan Polri dan juga akan selalu berkomitmen untuk memberikan pengamanan dalam menjalankan operasi ini, ungkap Dandim.

 

Laporan : Surbakti 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER