• Follow Us On : 
Cegah DBD , Dinas Kesehatan dan Puskesmas Merdeka Giatkan Fogging di Pemukiman Warga Petugas dari Dinas Kesehatan saat fogging rumah warga

Cegah DBD , Dinas Kesehatan dan Puskesmas Merdeka Giatkan Fogging di Pemukiman Warga

Kamis, 22 Juni 2023 - 09:46:15 WIB
Dibaca: 635 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Dinas Kesehatan dan Puskesmas Merdeka melakukan pengasapan (fogging) di rumah warga di Desa Semangat Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo pada hari Rabu 21/6/2023.

Kepala Dinas Kesehatan drg Irna Safrina Meliala melalui Kepala Upt Kesehatan Kecamatan Merdeka dr Jingkat br Tarigan ketika dikonfirmasi wartawan pada hari Kamis 22/6/2023 mengatakan, pengasapan atau fogging ini dilakukan untuk mencegah dan memberantas sarang nyamuk aedes aegypti yang merupakan salah satu penyebab penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD).

“Kita kerahkan beberapa petugas dari Puskemas Merdeka untuk melakukan pengasapan di rumah-rumah warga dan kebun warga yang berindikasi menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah beserta dengan jentiknya," ujarnya.

Dr Jingkat mengatakan, program pengasapan atau fogging mulai dilakukan di wilayahnya menyusul ditemukannya kasus DBD di Kecamatan Merdeka . Saat ini, pihaknya masih menunggu hasil dari laboratorium terkait kasus tersebut.

"Sambil menunggu hasil lab, kita telah melakukan pencegahan terlebih dahulu, karena penyakit demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang tingkat penyebab kematiannya cukup tinggi, karena itu perlu adanya fogging atau pengasapan secara bertahap,” lanjutnya.

Dr Jingkat menambahkan, pihaknya mengingatkan kepada seluruh personel untuk secara rutin mengecek sejumlah bak mandi dan penyimpanan air di wilayahnya, untuk melumpuhkan jentik nyamuk DBD.

"Kami juga mengingatkan masyarakat untuk menguras bak mandi minimal seminggu dua kali, guna mencegah berkembang biaknya jentik nyamuk," teterangnya. 

 

Laporan : Sekilap 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER