• Follow Us On : 
Mengedepankan Restoratif Justice, Kapolsek Mediasi Perkara Penganiayaan di Mardingding Penyelesaian Kasus Secara Restoratif Justice di Polsek Mardinding

Mengedepankan Restoratif Justice, Kapolsek Mediasi Perkara Penganiayaan di Mardingding

Rabu, 26 Oktober 2022 - 20:40:29 WIB
Dibaca: 295 kali 
Loading...

Petunjuk7.com Polsek Mardinding menyelesaikan perkara kasus Tindak Pidana Penganiayaan secara Restoratif Justice. Peristiwa pidana dialami korban sekaligus pelapor Rosalina br Silalahi, warga Desa Mardinding Kec. Mardinding, Kab. Karo, pada Laporan Polisi Nomor : LP/ 730 /VIII/2022/SU/RES T. KARO/SEK DINGDING tanggal 26 Agustus 2022, yang terjadi pada Jumat (26/08) lalu di Dusun Banjar Naluli Desa Lau Mulgap Kec. Mardingding. Yang dilakukan Lambok Rajagukguk, yang juga warga Desa Mardingding.

Penyelesaian perkara, dilaksanakan di Mapolsek Mardinding Rabu (26/10). Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H, melalui Kapolsek Mardinding Iptu Donal yang didampingi Kasi Humas Iptu M Sahril menjelaskan, restorative justice dilakukan berdasarkan perdamaian yang telah terjadi secara musyawarah dan kekeluargaan antara pelaku dengan korban.

"Sudah kita mediasi kedua belah pihak dan keduanya sepakat melakukan perdamaian secara keadilan restoratif", lanjutnya.

Lanjut lagi, perdamaian dilakukan sesuai Peraturan Kepolisian No. 08 Tahun 2021, tentang Penanganan Tindak Pidana berdasarkan Keadilan Restoratif, yang merupakan Program dari Kepolisian Negara RI. Dalam Penanganan Penyelesaian Kasus secara Restoratif Justice, yang dicanangkan Bapak Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, M. Si.

Penyelesaian perkara dilaksanakan melalui Gelar Perkara, yang dipimpin Kapolsek Mardinding yang juga dihadiri dari kedua belah pihak dan keluarganya, serta dihadiri Kades Lau Mulgap Bujurmin Sembiring.

Pelaku mengakui perbuatannya dan berjanji tidak akan menggulangi perbuatannya. Dan korban sepakat berdamai secara kekeluargaan, serta tidak ingin melanjutkannya ke jalur hukum. Keduanya juga membuat surat perdamaian dan surat pernyataan terkait restorative justice.

Pelaku dan Korban juga telah membuat Surat Permohonan Pencabutan Perkara / Laporan Pengaduannya ke Polsek Mardinding, ujar Kasi Humas Polres Tanah Karo.

Kades Lau Mulgap saat proses mediasi, menyampaikan apresiasi kepada aparat kepolisian yang telah memfasilitasi kedua belah pihak untuk menyelesaikan perkara ini.

“Terimakasih kepada Polres Tanah Karo, dalam hal ini Polsek Mardinding yang telah memfasilitasi penyelesaian permasalahan melalui Restorative Justice,” tuturnya.

Hal serupa dikatakan kedua belah pihak yang telah berdamai, keduanya mengucapkan terimakasih atas fasilitas dan mediasi yang dilaksanakan Polsek Mardinding.

 

 

Laporan : Sekilap 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER