• Follow Us On : 
Petani Karo Makin Menjerit Akibat Harga Pupuk Meroket, Setelah Minyak Goreng Mahal Ketua Kelompok Tani Pola Deleng, Gurah Ginting ketika menanyakan ketersediaan pupuk bersubsidi di Kios pengencer resmi

Petani Karo Makin Menjerit Akibat Harga Pupuk Meroket, Setelah Minyak Goreng Mahal

Ahad, 03 April 2022 - 10:39:55 WIB
Dibaca: 786 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Keluarga petani di Kabupaten Karo , Propinsi Sumatra Utara , kini menghadapi masalah baru. Saat harga minyak goreng belum juga turun, kini harga pupuk untuk kebutuhan pertanian mereka ikut melonjak.

Beberapa hari terakhir, harga pupuk naik hingga mencapai 150 persen dari harga normal. Ongkos produksi pertanian naik, namun harga komoditas hasil panen tak beranjak.

Sebagian petani padi di Kabupaten Karo menyiasati kondisi ini dengan mengurangi pemupukan. Seharusnya tiga kali selama masa tanam, kini menjadi dua kali saja.

Gurah Ginting , ketua Kelompok Tani Pola Deleng Desa Gurusinga Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo ketika dikonfirmasi di salah satu pengencer resmi Pupuk Bersubsidi pada hari Minggu 03/04/2022 mengatakan , petani di daerahnya telah 3 bulan terakhir kesulitan memperoleh pupuk subsidi khususnya Petroganik dan Npk Phoska . Pada saat yang sama harga pupuk nonsubsidi merangkak naik.

Harga pupuk nonsubsidi isi 50 kilo per karung, ungkap Gurah Ginting , yang sebelumnya Rp 400 ribu, sekarang sudah mencapai Rp 800 ribu. "Pupuk Ponska, Organik, Urea , semua tidak terkendali," kata Gurah Ginting .

Para petani berharap, segenap unsur Pemerintah Pusat dan Daerah segera turun tangan mengatasi masalah yang kerap menghajar kalangan petani dimaksud.

Bukan cuma menormalkan harga pupuk, namun juga memastikan harga komoditas petani dapat menguntungkan. Harga jual hasil panen seharusnya sesuai dengan rata-rata ongkos produksi pertanian

Dari tahun berapa itu sampai sekarang harga tanaman muda seperti kol , wortel dan lain sebagainya di tingkat petani ya segitu-segitu saja.

Gurah Ginting menambahkan  ," dulu sebelum menduduki kursi jabatan , kami akan mensejahterakan petani dan akan menambah alokasi pupuk bersubsidi, tapi apa kenyataan dilapangan hanya nol besar ," ucap Gurah Ginting. 

Ditempat terpisah, Kadis Pertanian Kabupaten Karo Metehsa Purba ketika dikonfirmasi wartawan melalui selulernya mengatakan, Besok ( Senin 04/04/2022 ) saya bersama instansi terkait akan mengecek ke Gudang Pupuk Bersubsidi dan akan memastikan ketersediaan pupuk bersubsidi di gudang tersebut, karena laporan kepada kami , kata mereka ada pupuk tersebut  , jadi besok saya akan pastikan ketersediaan pupuk bersubsidi tersebut , " ucap Kadis Pertanian Metehsa Purba. 

 

Laporan : Sekilap 

 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER