• Follow Us On : 
Selain Protokol 3M, Pemkab Karo Gencarkan Tes Covid-19 dengan Mobile PCR Launching Mobil PCR milik Dinkes Karo beberapa waktu lalu

Selain Protokol 3M, Pemkab Karo Gencarkan Tes Covid-19 dengan Mobile PCR

Senin, 06 September 2021 - 15:31:07 WIB
Dibaca: 802 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Guna menekan lonjakan kasus aktif Covid-19, pemerintah daerah terus bekerja keras dalam meningkatkan jumlah testing, tracing dan treatment. Selain itu juga tetap dengan edukasi protokol kesehatan 3M yakni wajib memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

Bupati Karo Cory S Sebayang melalui Kadis Kesehatan drg Irna Sabrina menjelaskan jika Puskesmas di Kecamatan mengalami kendala dalam memberikan layanan kesehatan kepada pasien Covid-19, maka  dapat segera menghubungi ke Rumah Sakit Umum Kabanjahe , kendala tersebut dapat saja berupa kekurangan dalam ketersediaan sarana dan prasarana dalam penanganan Covid-19 di desanya . Lalu, bagi pasien Covid-19 dapat disiplin mematuhi anjuran tenaga kesehatan terkait pengobatan yang dilakukan maka petugas kita yang ada di setiap Kecamatan bisa langsung menghubungi ke Pusat atau ke Rumah Sakit Umum Kabanjahe. 

drg Irna Sabrina menjelaskan  “Saya juga meminta, agar kita semuanya tidak lengah dalam menjalankan protokol kesehatan. Ingat, seluruh tahapan pengobatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan, merupakan upaya untuk memastikan kesembuhan pasien dari Covid-19,” ujarnya kepada wartawan  , Senin 06/09/2021.

Selain itu, apresiasi juga diberikan kepada petugas kesehatan yang tak kenal lelah dalam menangani pasien Covid-19. Ia berharap semua pihak dapat bersama-sama menekan laju penularan dan semakin memaksimalkan upaya treatment, agar kasus aktif semakin menurun jumlahnya dan meringankan beban petugas kesehatan.

“Protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan atau upaya 3T yaitu testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan). Jika hanya mengindahkan satu aspek saja, akan menghasilkan penanganan Covid-19 yang kurang efektif,” tegasnya.

Salah satu pemerintah daerah yang mempercepat pengendalian penularan Covid-19 dengan testing Covid-19 adalah Kabupaten Karo sudah memiliki 1 unit mobil Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada RSUD Kabanjahe untuk melakukan test swab pada masyarakat dengan sistem jemput bola.

Kadis Kesehatan mengatakan testing merupakan upaya mempercepat pengendalian penularan Covid-19 dan juga merupakan jawaban dari keputusan Menteri Kesehatan Nomor 413, yaitu agar seluruh pasien yang kemungkinan tertular Covid-19 harus dilakukan pemeriksaan real time PCR. 

" Mobile PCR dapat menggenjot fungsi tracing agar dapat berjalan efektif dengan adanya tes yang cepat mendeteksi Covid-19.

“Sehingga Satgas dan juga tenaga kesehatan dapat melakukan langkah-langkah penanganan selanjutnya,” jelas drg Irna Sabrina. 

Di kesempatan yang sama, drg Irna Safrina juga menghimbau agar seluruh masyarakat Kabupaten Karo , tidak berkumpul di tempat umum seperti kafe atau tempat hiburan lainnya. drg Irna menilai dengan adanya interaksi kerumunan secara aktif di tengah pandemi Covid-19 ini, akan menambah kasus virus tersebut, khususnya di Kabupaten Karo. 

“Sebaiknya kita semua menahan diri dulu untuk berinteraksi, karena dengan adanya interaksi yang luar biasa akan terjadi kontraksi dan penularan-penularan Covid-19 yang luar biasa. Tetap jalankan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) serta mengkonsumsi makanan bergizi dan jangan tinggalkan berolahraga,” tuturnya.

Saat ini kasus orang terdampak Covid-19 di Kabupaten Karo telah menyentuh angka 2035 kasus . Dengan adanya Mobil PCR bisa menggencarkan screening dengan cepat dan efektif, sehingga bisa terus menekan munculnya kasus-kasus baru. Dengan adanya mobil ini, Dinkes menargetkan dapat melakukan pengujian sampel sebanyak kurang lebih 100 sampel setiap harinya.

Laporan  : Sekilap 

 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER