• Follow Us On : 
Anak Muda PeKa : Dialog Sebagai Momen Anak Muda Memelihara Toleransi di tengah Keberagaman PeKa Saat Foto Bersama . S,Surbakti

Anak Muda PeKa : Dialog Sebagai Momen Anak Muda Memelihara Toleransi di tengah Keberagaman

Sabtu, 01 Mei 2021 - 23:05:54 WIB
Dibaca: 414 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Pada kesempatan yang berbahagia ini, komunitas anak muda PeKa melaksanakan Ngopi PeKa_Perdamaian Lintas Agama yang ke dua kalinya. Ngopi PeKa yang pertama saat itu dilakukan di wilayah Tigapanah melibatkan pemuda lintas agama seputaran Tigapanah, serta Hari Sabtu i (1 Mei 2021), ngopi ke 2 kembali dilakukan untuk pemuda lintas agama di wilayah kabanjahe.

Menariknya, Ngopi PeKa kali ini sekaligus juga menjadi momen Berbuka Puasa Bersama. Kegiatan dibuka dengan bernyanyi bersama lagu kebangsaan "Indonesia Raya", lalu dilanjut dengan berbuka puasa bersama. Usai berbuka puasa bersama, teman-teman pemuda Muslim yang hadir pada kegiatan ini turut menunaikan Salat di tempat yang telah tersedia. Kegiatan lalu dilanjutkan dengan diskusi kelompok dengan mengusung tema “Dialog Sebagai Momen Anak Muda Memelihara Toleransi di tengah Keberagaman”.

Diskusi dipandu oleh Dhandy Sembiring (komunitas PeKa) dan Kopral Jono (Sekjen Ansor kab. Karo). Lewat diskusi-diskusi ini, ada kesepakatan bersama, bahwa dialog bukan sekedar berdiskusi dalam ruang-ruang seminar, dialog juga bukan sekedar bertemu dalam acara-acara lintas agama, tetapi dialog adalah kesedian setiap waktu untuk menghargai keberadaan mereka yang berbeda dengan kita. Dialog sejatinya ada dalam seluruh aktivitas kita di tengah ruang-ruang sosial kita.

Ia teraplikasikan dalam aksi-aksi yang nyata. Peserta diskusi sepakat bahwa dialog adalah bagian tidak terpisahkan untuk menciptakan perdamaian di tengah keberagaman. Lebih jauh, lewat diskusi ini, ada begitu banyak usulan-usulan inovatif dari peserta diskusi berupa usulan kegiatan-kegiatan lintas agama yang akan dilakukan kedepan sebagai aksi nyata dalam membangun dialog. Karenanya, kedepan Komunitas orang muda PeKa ini berencana untuk mewadahi usul-usul ini untuk dilakukan bersama.

Diskusi kelompok kemudian diakhiri dengan membangun komitmen bersama untuk terus memelihara perdamaian di Kabupaten Karo. Anak-anak muda ini juga bersepakat untuk memanfaatkan kemajuan IT sebagai media merayakan perdamaian lewat postingan-postingan yang menyejukkan dan membawa perdamaian.

Mengakhiri seluruh kegiatan, peserta pun diundang untuk menyanyikan lagu kebangsaan "Padamu Negeri" sebagai komitmen terus berkarya bagi Indonesia, juga menyanyikan lagu daerah Karo "O Taneh Karo Simalem" sebagai komitmen untuk berkarya bagi Karo, dan senantiasa berkomitmen untuk berkontribusi bagi terpeliharanya perdamaian di Bumi Turang.

Pada kegiatan Ngopi PeKa Perdamaian edisi berbuka puasa bersama yang dilaksanakan oleh Komunitas Anak Muda PeKa ini, turut hadir Dhandy Sembiring .

( S,Surbakti )



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER