• Follow Us On : 
Rutan Kelas II B Kabanjahe Terus Berikan Layanan Kesehatan Maksimal Bagi Warga Binaan Petugas medias Rutan Kelas II Kabanjahe saat memeriksa kesehatan WB, Selasa (23/3/2021). Foto: S.Surbakti

Bumi Turang

Rutan Kelas II B Kabanjahe Terus Berikan Layanan Kesehatan Maksimal Bagi Warga Binaan

Selasa, 23 Maret 2021 - 17:25:47 WIB
Dibaca: 1218 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Kesehatan adalah salah satu hak dasar yang penting untuk diperhatikan dan merupakan hak yang harus dipenuhi oleh negara bagi setiap orang. 

Tak terkecuali bagi Warga Binaan (WB). Hak kesehatan mereka tentunya harus sangat diperhatikan pemenuhannya dan menjadi tanggung jawab petugas Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tanahan Negara (Lapas/Rutan.

Pelayanan kesehatan yang baik dapat memberikan peningkatan keamanan di area lapas.

Layanan kesehatan WB sendiri sudah diatur dalam Undang - undang. Itu tertuang dalam pasal 14 Undang - undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, menetapkan hak - hak narapidana yang salah satunya yaitu hak mendapatkan pelayanan kesehatan. 

Oleh karena itu, Rutan Kelas II B Kabanjahe berupaya maksimal agar layanan kesehatan bagi WBP dapat terpenuhi dengan baik.

Di Rutan Kelas II B Kabanjahe, terdapat ruang Poliklinik yang diperuntukkan bagi WB dan pegawai. 

Setiap harinya, tim medis Rutan Kelas II B Kabanjahe  akan berjaga di Poliklinik tersebut agar setiap WB yang datang memeriksakan kesehatannya dapat segera diberikan pelayanan. 

Tim medis Rutan Kelas II B Kabanjahe sendiri terdiri dari dua (2) orang perawat yang bernama Mawar Br Ginting dan Rosmeri Br Sembiring .

Pelayanan kesehatan yang diberikan antara lain pelayanan anamnese, pemeriksaan tensi, penimbangan berat dan tinggi badan, serta pelayanan lain yang dirasa perlu dan urgent. 

Selain itu, tim medis juga sering melakukan sosialisasi mengenai berbagai macam hal yang terkait dengan kesehatan. 

Pelayanan kesehatan yang diberikan tidak dipungut biaya sepeserpun. Sehingga warga binaan dapat dengan tenang memeriksakan kesehatannya.

Perawat Rutan Kelas II B Kabanjah,  Mawar Br Ginting dan Rosmeri Br Sembiring, kepada wartawa, Selasa (23/3/2021), mengatakan,warga binaan sangat antusias dengan pelayanan kesehatan yang disediakan oleh Rutan Kelas II B Kabanjahe.

Mereka (WB -red) tidak perlu merasa takut jika sewaktu - waktu mengalami gangguan kesehatan karena tim medis selalu berjaga di Poliklinik Rutan Kelas II Kabanjahe. 

"Kami terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada warga binaan disini," pungkas Mawar Br Ginting .

Karutan Kelas II B Kabanjahe Sangapta Surbakti, S., Pd.,  juga menekankan agar WB tidak perlu merasa sungkan jika ingin memeriksakan kesehatannya. 

"Selain ditangani oleh dokter dan perawat yang cakap di bidangnya, layanan kesehatan juga diberikan secara gratis," kata Sangapta Surbakti seraya menambahkan akan terus mengajak seluruh WB agar rajin mengecek kesehatan dan selalu menerapkan cara hidup yang sehat. (S.Surbakti).

 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER