• Follow Us On : 
Pemdes Semangat - Karang Taruna Ciptakan Disifektan Otomatis yang Dipasang di Pintu Masuk Desa Para Anggota Karang Taruna Desa Semangat saat tugas jaga di pintu masuk Desa Semangat, guna mencegah Covid 19, Minggu (3/5/2020) siang. Foto:KS

Bumi Turang

Pemdes Semangat - Karang Taruna Ciptakan Disifektan Otomatis yang Dipasang di Pintu Masuk Desa

Ahad, 03 Mei 2020 - 14:35:59 WIB
Dibaca: 2275 kali 
Loading...

Petunjuk7.com.- Pemerintah Desa (Pemdes) Semangat bersama Karang Taruna Desa Semangat Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara saat ini punya cara kreatif sebagai antisipasi untuk mencegah virus corona atau Covid 19 masuk ke wilayahnya.

Mereka menciptakan semprotan disinfektan otomatis yang dipasang di portal  atau gerbang masuk ke Desa Semangat (Raja Payung -red)

Demikian dikatakan para Anggota Karang Taruna Desa Semangat Stepanus Ginting, Nico Perangin-angin, Robby Sembiring dan Batu Tarigan dampingi Kepala Desa Semangat, Resmando Sinulingga. kepada wartawan, Minggu (3/5/2020) siang di Desa Semangat.

Dijelaskan, bahwa pembuatan gerbang disinfektan ini merupakan inisiatif dari para pemuda yang dibantu oleh staf Pemdes Semangat.

"Jadi ini inisiatif dari perangkat desa  bersama Karang taruna untuk bagaimana ada langkah pencegahan corona yang saat ini sudah menyebar," jelas Stepanus Ginting.

Dilanjutkannya, terkait biaya pembuatan semprotan disinfektan otomatis tersebut berasal dari bantuan warga dan dari kas Pemdes Semangat.

Kemudian, sambungnya, meski masih dalam tahap uji coba, namun gapura disinfektan yang dibuat tersebut bisa berfungsi.

"Kita bikin disinfektan otomatis, ini masih tahap percobaan dan ada beberapa tahap lagi. Kita masih uji coba," terang Stepanus Ginting.

Sistim kerja disinfektan otomatis ini, papar Stepanus Ginting, hanya dengan menekan tombol, cairan disifektan akan keluar dari dua spray yang terletak di samping kanan kiri pada bagian atas portal.

"Kita gunakan tombol otomatis ini  untuk menghemat penggunaan air maupun cairan disinfektan agar tidak setiap saat cairan itu keluar terus," paparnya.

Gapura disinfektan otomatis ini, diciptakan dengan menggunakan barang-barang yang mudah ditemukan dirumah. Namun, sebagian barang, seperti mesin sanyo air dan tombol beserta selangnya harus dibeli

"Kami berharap warga yang keluar masuk dari gapura ini bisa berhenti sejenak saat melintas," tandas Stepanus Ginting. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER