• Follow Us On : 
Jerry: Berikut Nama-nama Mileneal yang Layak Masuk Kabinet Jilid II Jokowi Dr Jerry Massie Ph.D

Jerry: Berikut Nama-nama Mileneal yang Layak Masuk Kabinet Jilid II Jokowi

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 15:19:43 WIB
Dibaca: 1488 kali 
Loading...

petunjuk7.com - Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Jerry Massie memprediksi ada sejumlah tokoh muda Indonesia bakal mengisi posisi di Kabinet Kerja Jilid II Jokowi.

Nama-nama representatif tokoh muda di kabinet Jokowi.

Sejumlah nama yang bakal duduk diantaranya, Sandiaga Uno, Erick Tohir, Diaz Hendropriyono, Abdul Karding, Budiman Sudjatmiko, Agus Yudhoyono serta Taufik Basari, Ananda Prabowo, Adian Napitupulu dan Hilmar Farid.

Tak masalah orang-orang muda atau lebih dikenal dengan julukan "mileneal" duduk tapi mereka punya high competence (kompetensi yang tinggi) educational background and organizational experiance (latar belakang pendidikan dan pengalaman organisasi) yang baik serta paling penting dia mampu menguasai bidang tersebut.

“Karena jabatan menteri bukan hanya pimpin organisasi kepemudaan. Contoh Sandiaga Uno bisa direkrut ke dalam kabinet lantaran dirinya memiliki sejumlah perusahaan jadi secara proporsional tahu persis soal ekonomi Indonesia," kata Jerry kepada www.petunjuk7.com, Sabtu (19/10/2019) melalui siaran persnya.

Selanjutnya, papar Jerry, tokoh muda yang duduk harus punya skill, ability and expert (keahlian dan kemampuan) manajerial yang baik, visioner, punya strong of leadership (kepemimpinan yang kuat), the power of leader (kekuatan memimpin), the art of the leader (seni memimpin), serta leadership spirit (jiwa kepemimpinan).

Ditambahkan Jerry yang merupakan peneliti politik dan kebijakan publik dari Amerika ini, bahwa usia bukan 20-25 tahun tapi lebih baik 30 tahun ke atas itu ukuran standar.

“Menteri mileneal bisa di posisi Menpora atau Kepala Kantor Sekretariat Presiden (KSP) seperti Ketua PKPI Diaz Hendropriyono, Erick Thohir, Taufik Basari, Menteri PDT Budiman Sudjatmiko atau Abdul Karding. Mereka menurut Jerry sudah terukur, teruji dan punya pengalaman yang mumpuni saya kira mereka punya kemampuan soal memimpin.” jelasnya.


Namun Jerry mengatakan bukan semua mileneal bisa duduk di kabinet harus diseleksi dulu.

"Selain itu ada Agus Yudhoyono putra presiden SBY sudah mulai matang dan mapan," ketusnya.

Kalau bisa menurut Jerry, Jokowi mencari kaum mileneal yang sukses yang bergerak di bidang star-up yang lagi naik daun.

“Misalnya bukalapak tokopedia dan sebagainya.” ungkapnya.

Jerry menuturkan, salah satu politisi yang punya kemampuan di atas rata-rata kaum mileneal adalah Taufik Basari.

“Secara empiris dan rasional saya kira dia bisa lantaran dia berpengalalam di Nasdem sebagai ketua bidang hukum dan advokasi. Dia memiliki high quality standard and skill untuk duduk di kabinet. Taufik sangat paham akan masalah hukum karena ini spesialisasinya. Sudah 2 kali di jadi tim pembela Jokowi di MK.” tuturnya.


Selanjutnya Jerry menyampaikan, "kalau di Golkar ada Tantowi Yahya," sebut Jerry.


“Dia saya kira bagus diposisi Menteri Luar Negeri. Putra asal Sumsel ini sudah teruji apalagi kini dia duduk di duta besar New Zealand. Saya pikir Tantowi punya kemampuan diplomatik yang kuat.” lanjutnya.

"Adapula putra Megawati Prananda Prabowo yang bisa direkrut Jokowi masuk kabinet. Dia memiliki jiwa kepemimpinan yang diwariskan ayahnha presiden pertama RI Ir Soekarno," papar Jerry.


Terakhir Jerry menekankan bukan semua mileneal bisa duduk di kementerian. Harus ada Fit and Proper Test (FPT) melihat rekam jejak atau track rercord dari yang bersangkutan.

Selain itu, dia menyatakan dari PKB ada nama Abdul Karding yang masuk TKN Jokowi-Maruf dan Lukman Edy.

“Keduanya bisa masuk kabinet. Selain enerjik, visioner kedua tokoh muda di PKB ini sudah malang-melintang di parlemen. Lukman juga Wakil ketua Komisi II ini sarat pengalaman dan pernah duduk di kabinet Jokowi 2014 silam. Putra Riau ini layak duduk di kabinet.” pungkasnya.

"Kaum gender (perempuan) ada sejumlah nama yang mulai disebut-sebut diantaranya Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalia, Najwa Shihab dan putri mendiang Presiden Gus Dur Yenny Wahid," tutupnya. (Hap/rls).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER