• Follow Us On : 
Babinsa Rangkap Ketua Komite SDN 040451 Kabanjahe, Serda Hormat: Memajukan Dunia Pendidikan Serda Hormat Ginting memberikan pelatihan kepada para guru, bertempat di ruang Majelis Guru SDN 040451 Kabanjahe, Jumat (8/3/2019). Foto:KS

Babinsa Rangkap Ketua Komite SDN 040451 Kabanjahe, Serda Hormat: Memajukan Dunia Pendidikan

Sabtu, 09 Maret 2019 - 06:33:34 WIB
Dibaca: 2308 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Peranan Bintara Pembina Desa (babinsa) yang memiliki tugas penting sebagai aparat teritorial berada di ujung terdepan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat guna memajukan desa tentunya demi kesejahteraan dan stabilitas keamanan diwilayah binaannya.

Selain itu, menjalankan peran komunikasi sosial (komsos) kepada masyarakat dibutuhkan ketekunan dan keteladanan soarang Babinsa agar dapat diterima semua kalangan.

Hal ini ditunjukkan oleh Serda Hormat Ginting yang dipercaya menjadi Babinsa di Desa Ujung Teran dan Desa Deram, Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo, yang berada kesatuan Koramil 04/SE, Kodim 0205/TK .

Memang Serda Hormat Ginting, selain bertugas di TNI - AD, ia juga bertugas menjadi Ketua Komite Sekolah Dasar Negeri (SDN) 040451 Kabanjahe, Kabupaten Karo, sejak dari tahun 2005 silam, hingga sekarang.

Di sekolah tersebut juga empat orang anaknya menimba ilmu. Toh, meskipun begitu, ia selalu aktif mengikuti berbagai program kegiatan dunia pendidikan yang diadakan pihak sekolah.

Prestasi

Terlepas dari itu. Buktinya, baru-baru ini sekolah yang binanya berhasil meraih prestasi penghargaan Adiwiyata tingkat Propinsi Sumatra Utara yang langsung diserahkan oleh Gubernur Sumatra Utara.

Tentu tidak lepas dari perannya selaku komite sekolah yang mengajak seluruh orang tua siswa/i untuk berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan Aman Sejuk Rindang Indah (ASRI) di sekolah, seperti konsep menciptakan: 'Rumah Hijau'.

Dimana 'Rumah Hijau' memiliki pempat pengolahan sampah, komposting, taman sekolah, pagar tanaman, air bersih.

Ia bersama para guru dan kepala sekolah, begitu juga dengan kegiatan pembelajaran lainnya seperti menanamkan rasa cinta tanah air kepada siswa-siswa melalui kegiatan materi pembelajaran kedisiplinan, baris-berbaris, serta memupuk nilai - nilai pancasila melalui upacara bendera yang kerap diadakan disekolah.

“Kegiatan rutin saya selaku komite didalam memajukan kualitas pendidikan. Tidak terlepas dari tugas saya selaku anggota tentara yang ditempatkan didesa sabagai Babinsa. Dimana dengan seringnya berkomunikasi dengan guru dan kepala sekolah, saya jadi mengetahui apa yang dapat saya lakukan untuk memajukan kegiatan belajar mengajar disekolah. Salah satunya dengan menggerakkan orang tua siswa/i secara bersama-sama berbuat aksi nyata dengan menciptakan lingkungan sekolah yang ASRI, menambah buku-buku perpustakaan melalui sumbangan pada setiap akhir tahun pelajaran dari pada orang tua siswa/i. Dimana nantinya dapat dimanfaatkan oleh murid yang lain," sebut Serda Hormat Ginting, kepada www.petunjuk7.com, Jumat (8/3/2019)

“Atasan saya bapak Kapten Kav J Surbakti Komandan Koramil 04/ Simpang Empat bersama Komandan Kodim 0205/ Tanah Karo Letnan Kolonel Inf Taufik Rizal, SE selalu berpesan bahwa kami selaku babinsa dalam rangka meningkatkan hubungan komunikasi sosial dengan seluruh komponen masyarakat, sebagai bentuk kepedulian kami TNI dalam turut serta memajukan dunia pendidikan, wajib berperan aktif memberikan sumbangsih nyata melalui kegiatan-kegiatan disekolah” terangnya.

Pelatihan

Peran Serda Hormat Ginting ini terlihat didalam pemaparannya ketika memberikan serangkaian acara pelatihan peran serta masyarakat untuk peningkatan kualitas pendidikan, yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Karo, dan Kemenag Kabupaten Karo dari pertengahan bulan Februari hingga awal Maret 2019, yang diikuti oleh 97 orang Guru, Kepala Sekolah dan Komite Sekolah dengan jenjang pendidikan SD, MI, SMP dan MTs yang berasal dari kecamatan Kabanjahe, Berastagi dan Tigapanah.

Untuk itu, Kepala SDN 040451 Kabanjahe, Rosmoati Br Tarigan, mengaku terbantu atas kepedulian yang selalu diberikan oleh pihak Komite Sekolah.

"Berbagai keberhasilan sekolah tidak akan dapat diraih tanpa peran serta Serda Hormat Ginting. Saya merasa sangat terbantu dalam menjalankan tugas disekolah, melihat antusiasme orang tua siswa/i yang dihimpun oleh komite sekolah dimana telah banyak memberikan sumbangsih pemikiran, materil, dan rasa aman bagi kami warga sekolah," tutur

"Melalui pelatihan ini kami berharap sinergitas antara sekolah dan masyarakat jauh lebih bermanfaat sehingga dapat menghasilkan kemajuan pendidikan disekolah," tandasnya. (KS).




 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER