• Follow Us On : 
Milad Ke-5 Tahun, Tengkah Zapin Gelar Panggung Zapin Meskom Foto:MC Riau

Milad Ke-5 Tahun, Tengkah Zapin Gelar Panggung Zapin Meskom

Ahad, 07 Oktober 2018 - 18:59:29 WIB
Dibaca: 1526 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Merayakan milad ke-5 tahun Tengkah Zapin, mengadakan acara panggung zapin meskom se-kota Pekanbaru 2018 di Taman Budaya Riau yang bertemakan 'memangku gerak ibu' di taman budaya Provinsi Riau.

Dalam acara ini di hadiri oleh, datin Alzuhra Dini Alinoni, Datin Nuraini (perempuan lembaga adat Melayu Riau), Herman Maskar (Ketua Harian Dewan Kesenian Riau), Yoserizal Zein selaku Ketua DKR Provinsi Riau.

Sanggar Tengkah Zapin yang dibina oleh Baiduri Zam ini berhajat menjadi pewaris Seni Budaya Melayu, yang tersirat dalam perahu bertuliskan ‘bilik rindu budaya melayu’ di logonya..

'Payung' atau landasan berpijak sanggar yang berdiri tanggal 23 Agustus 2013  adalah tari Zapin Meskom, Bengkalis Riau, Indonesia.

Untuk diketahui, Zapin Meskom merupakan Tari Zapin yang berada di kampong zapin yang terletak di Desa Meskom Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, dan tarian ini sudah mendapat pengakuan mata budaya Indonesia yakni dengan meraih sertifikat WBTB (Warisan Budaya Tak Benda) Indonesia pada tahun 2017 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Filosofi Ragam Gerak Zapin Meskom ini diciptakan berdasarkan unsur sosial masyarakat pendukungnya, bukan hanya semata-mata sebagai ungkapan ekspresi, tetapi merupakan wajah batiniah dan ekspresi cultural masyarakat yang melahirkan. Tarian ini lahir dilingkungan masyarakat Melayu Riau yang sarat dengan berbagai tata nilai.

Menurut General Manager Sanggar Tengkah Zapin, Tania Dwika Putri, S.I.Kom, acara ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk generasi muda dalam mengangkat dan  melestarikan nilai-nilai seni sebagai akar budaya Melayu, sekaligus sebagai wujud pengabdian anak negeri dalam rangka menjulang tamaddun Kebudayaan Melayu.

Dalam acara yang ditaja sanggar tengkah zapin ini di hadiri sekitar 150 orang, 60 orang merupakan pesertanya yang berasal dari Kota Pekanbaru.

berikut pemenang dari acara panggung zapin meskom se-kota Pekanbaru 2018 di Taman Budaya Riau

Juara 1= SDN 63 Pekanbaru

Juara 2= SDB 63 Pekanbaru

Juara 3=  SD Muhammadiyah 3 unggulan 

Harapan 1= SD Darma Yudha

Harapan 2= SD Santa Maria

Harapan 3 dari SD An- Namiroh 3. (Rij/MCR).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER