• Follow Us On : 
Mau Coba? Ada 7 Tips Sukses Berbisnis Kuliner Foto:detik.com

Mau Coba? Ada 7 Tips Sukses Berbisnis Kuliner

Sabtu, 13 Januari 2018 - 11:56:46 WIB
Dibaca: 1811 kali 
Loading...

Jakarta - Ada begitu banyak faktor yang perlu Anda pelajari sebelum memutuskan terjun menjadi seorang pengusaha kuliner.

Memiliki keahlian memasak saja ternyata tak cukup menjamin keberhasilan seseorang untuk bisa jadi pengusaha kuliner lho. 

Anda yang bisa memasak beragam jenis makanan lezat pun tak akan mendapatkan hasil apa-apa jika tak ada konsumen yang datang menikmati makanan buatan Anda. Betul kan?

Coba deh perhatikan dulu tips berikut ini, jangan sampai dilewatkan ya!

1. Jaga Kualitas Rasa

Bicara tentang bisnis makanan maka hal penting yang menjadi alat promosi utama sebuah bisnis kuliner adalah jaminan kualitas rasa yang ditawarkan. Konsistensi cita rasa menjadi kunci kesuksesanmu menjalankan bisnis makanan. 

Jangan sembarangan mengubah bumbu atau bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan makanan. Sedikit saja konsumen kecewa dengan cita rasa masakan Anda, mereka tak sungkan untuk berkeluh kesah ke sosial media.

2. Cetak dan Sebarkan Selebaran Iklan

Membagikan brosur ke lampu merah, sekolah-sekolah, kampus, atau tempat ramai lainnya ternyata juga bisa mendatangkan calon konsumen ke restoran Anda. Buatlah selebaran iklan dengan gambar yang menarik dan dilengkapi dengan contact person tempat usaha Anda. 

Jika ada event promo, sampaikan juga di brosur selebaran tersebut, dengan begitu akan semakin banyak orang yang tertarik dengan event tersebut.

3. Buat peta lokasi penjualan di kemasan produk

Terkadang lokasi yang kurang strategis juga menjadi kendala tersendiri bagi Anda yang memiliki usaha. Untuk mengakalinya, Anda bisa mencantumkan peta lokasi pada kemasan produk makanan.

Selain itu Anda juga bisa mendaftarkan lokasi usaha Anda di Google, dengan begitu calon konsumen Anda bisa mencari lokasi usaha Anda dengan aplikasi Google.

4. Gabung ke komunitas bisnis

Bergabung di sebuah perkumpulan atau komunitas pebisnis bisa jadi salah satu cara untuk mempromosikan usaha Anda ke khalayak ramai. Selain itu, Anda juga bisa saling bertukar informasi dengan anggota komunitas lain dan tidak menutup kemungkinan bisa menemukan peluang bisnis baru.

5. Aktif di Sosial Media

Di era digital seperti sekarang ini, sosial media bisa jadi ajang promosi yang cukup menguntungkan. Bahkan saking efektifnya, banyak penjual online yang bisa melakukan transaksi jual beli hanya dari akun sosial media. Jadi Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk memperkenalkan usahamu ke khalayak ramai.

6. Kerja sama dengan Tour and Travel

Strategi pemasaran seperti ini sekarang mulai dipilih para pemilik restoran, Anda juga bisa mulai menggandeng agen perjalanan untuk bekerja sama dalam menyediakan snack ataupun makan bagi jasa agen perjalanan yang membawa rombongan dan melewati restoran milik Anda. Umumnya agen perjalanan yang membawa rombongan mendapatkan fee tertentu dari pemilik restoran.

7. Buat Program Diskon Berkala

Untuk memanjakan konsumen Anda, sesekali tidak masalah untuk mengadakan program diskon berkala. Misalnya untuk memperingati hari ulang tahun konsumen, Anda bisa memberikan voucher Rp 50.000 bagi konsumen datang ke restoran Anda di hari ulang tahunnya bersama 5 orang kawannya.

Itulah teknik jualan yang bisa Anda coba untuk bisnis kuliner yang ingin Anda pelajari. Semoga menginspirasi.

Sudah Siapkah Anda di Tahun 2018? Apakah Goal Secara Finance Anda Sudah Tercapai di Tahun 2017 ?

Sumber:Detik.com


Mau Coba? Ada 7 Tips Sukses Berbisnis Kuliner



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER