MENU TUTUP

Silpa 175 Miliar, SKPD Pemkab Karo Perlu Di Kaji Ulang

Ahad, 01 Agustus 2021 | 18:54:02 WIB Dibaca : 279 Kali
Silpa 175 Miliar, SKPD Pemkab Karo Perlu Di Kaji Ulang Kantor Bupati Karo .
Loading...

Petunjuk7.com  [ Tidak terserapnya anggaran secara penuh oleh Satauan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten Karo sebagai bukti rendahnya kwalitas oknum- oknum pimpinan SKPD yang gagal merealisasikan uang negara dalam bentuk pembangunan untuk kemajuan dan perubahan tanah karo.

Tingginya  Silpa Pemerintah Kabupaten Karo pada tahun anggaran 2020  sebesar Rp.175 milyar menjadi sorotan dari kedelapan fraksi DPRD Karo pada sidang , Penyampaian Jawaban  Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap LKPJ APBD Tahun Anggaran 2020 kemaren .

Dalam kesempatan itu Bupati Karo Cory S Sebayang mengakui bahwa selama ini ada persoalan eksternal di berbagai SKPD yang belum bisa diatasi. "Terjadinya keterlambatan penyerapan anggaran pada dasarnya diakibatkan faktor eksternal dan internal perangkat daerah. )Faktor eksternal misalnya, terjadi perubahan regulasi dan penerbitan juknis dan juklak setelah APBD ditetapkan, memerlukan waktu proses penyesuaian dan reformulasi dalam APBD tahun berjalan sehingga mengakibatkan kemunduran pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran yang telah direncanakan sebelumnya, " katanya 

Katanya lagi,faktor internal terdapat kesalahan dalam penyusunan anggaran seperti kesalahan nomenklatur ,kesalahan pemilihan rekening belanja dan kesalahan penentuan besaran anggaran belanja sehingga kegiatan tidak dapat dilaksanakan.

" Selain itu budaya kerja yang belum bersinergi , lemahnya kolaborasi antar pelaku serta kebiasaan yang suka menunda-nunda pekerjaan memiliki andil yang menyebabkan terhambatnya pelaksanaan dan penyerapan anggaran," tambah Cory lagi. 

Diketahui  SKPD penyumbang silpa  Rp 175 Miliar anggaran 2020 terdapat beberapa dinas yang dinilai memiliki rapor merah diataranya ,Dinas Pendidikan, Dinas Parawisata,Dinas Kesehatan, BPBD,RSU.

Tingginya silpa Anggaran 2020 yang mencapai angka fantastis itu membuat sejumlah sejumlah masyarakat angkat bicara dan menjadi trend topik di tengah masyarakat karo ,yang menyoroti rendahnya kwalitas pimpinan SKPD  dibawah pimpinan Cory S Sebayang. 

" Kapan majunya tanah karo kalau seperti itu kwalitas pimpinan SKPD. Habiskan uang saja tak mampu untuk membangun karo , apalagi cari uang atau menggiring pembangunan ke Kabupaten Karo , sangat disangsikan," kata Batu Tarigan, Minggu (1 /8/2021).

( S,Surbakti  )

 

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Harga Mobil Bupati Dan Wakil 1,59 M, Kabag Umum Pemkab, Kalau Ada Pajero Harga 600,Sini Saya Beli 10

2

Surat Edaran Dari Bupati Karo Terkait Prokes Tidak Berlaku Di SD N 040458 Berastagi 

3

Kalau Petani Mau Kaya Ayo Ikuti Ini Kata Kadis Pertanian Karo  

4

Warga Pancur Batu Merek Mengeluh Karena Ada Kutipan Uang Keamanan Dan Uang Kebersihan

5

Percepatan Vaksinasi, Kapolres Tanah Karo Tinjau Langsung Vaksinasi Tingkat SMP Dan SMA