MENU TUTUP
Bumi Turang

Kadishub: Pembangunan Terminal Kabanjahe dan Dermaga Tongging Pintu Gerbang KSPN Danau Toba

Selasa, 27 Oktober 2020 | 18:39:08 WIB Dibaca : 2536 Kali
Kadishub: Pembangunan Terminal  Kabanjahe dan Dermaga Tongging Pintu Gerbang KSPN Danau Toba Kadishub Kabupaten Karo, Gelora Fajar Purba saat meninjau progres proyek pembangunan Termimal Type B, Jalan Veteran Kabanjahe, Kabupaten Karo, Selasa (27/10/2020) siang. Foto: KS
Loading...

Petunjuk7.com - Kepala Dinas  Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Karo Gelora Fajar Purba, SH., MH.,  meninjau  proyek pembangunan Terminal Kabanjahe yang direncanakan menjadi terminal tipe B modern pertama di Propinsi  Sumatra Utara, bahkan di Pulau Sumatera.

Terminal itu dibangun untuk mendukung Kabupaten Karo sebagai pintu gerbang bagian utara Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

“Terminal penumpang type B Kabanjahe, di bangun di atas lahan 6.450 meter persegi berbiaya Rp 18,664 miliar, dimulai sekitar akhir Mei 2020 hingga sekarang prosesnya terus berjalan, menggantikan terminal lama yang kondisinya tidak layak lagi,” kata Gelora Fajar Purba  kepada wartawan, saat meninjau progres proyek pembangunan Termimal Type B, Jalan Veteran Kabanjahe, Kabupaten Karo, Selasa  (27/10/2020) siang.

"Kita patut berbangga, Terminal Kabanjahe direncanakan menjadi terminal tipe B modern pertama di Sumut, bahkan di Pulau Sumatera. Karena desain dan konstruksinya (materialnya), dilengkapi tiketing, ruang tunggu penumpang, parkir bus, ada juga sarana untuk disabilitas, Mushollah, ruang baca, ruang bermain anak (ramah anak), ruang laktasi, food court, ruang pamer kerajinan dan produk lokal. Hal itu ditujukan untuk mendukung Kabupaten Karo sebagai lintasan dan pintu gerbang bagian utara Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba,” tuturnya.

Ditambahkan Gelora Fajar Purba, Pemerintah Kabupaten Karo, melalui program Anggaran Perbelanjaan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Perbelanjaan Belanja Daerah (APBD) propinsi terus berbenah. Selain mengerjakan Terminal Kabanjahe, juga sedang mengerjakan Dermaga Tongging.


Dermaga Tongging

Kabupaten Karo merupakan satu dari tujuh (7)  kabupaten yang mewarisi keindahan Danau Toba. Untuk menyambut Geopark Kaldera Toba, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo juga tidak mau ketinggalan menghiasi wajah objek wisata Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

"Pembangunan terminal dan lahan parkir dermaga (lelabuhan-red) tahap kedua (II) terus dikebut. Sekarang tahap pengerjaan pembangunan terminal, lahan parkir dan fasilitas pendukung lainnya," sebut Gelora Fajar Purba.

Pembangunan Dermaga Tongging ini atas usulan Pemkab Karo ke Kementerian Perhubungan untuk mendukung kemudahan dalam sistem penyebrangan barang dan orang serta juga sebagai dermaga pariwisata untuk mendukung kegiatan Geopark Kaldera Danau Toba.

“Selanjutnya, sejumlah fasilitas pendukung juga akan dibangun seperti, gedung syahbandar dan kantor, areal parkir, fasilitas perpindahan moda dan pedestrian serta penataan, dan pembangunan fasilitas penunjang lainnya di area darat,” ungkap Gelora Fajar Purba.

"Selain untuk konektivitas masyarakat antara satu tempat ke tempat lain di seputaran DTW (Daerah Tujuan Wisata) Tongging, pembangunan pelabuhan atau dermaga Tongging dilakukan juga untuk mendukung pariwisata di sekitar Danau Toba. 

“Khususnya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Karo,” ujar Kadishub Kabupaten Karo ini. (KS).

 

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

2

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

3

Siswa/i SMA Negeri I Kabanjahe 23 Orang Lulus Jalur Seleksi (SNBP) TP 2023/2024

4

Turis Asing Asal Perancis Berhasil Dievakuasi TIM Gabungan, Kuat Dugaan Diserang Oleh OTK, Kasusnya Sedang Diselidiki Polres Tanah Karo

5

Cek Pos Tugu Juang Berastagi, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Effendi: Saya menekankan pentingnya penerapan tindakan Preventif, Represif, dan Penegakan Hukum