MENU TUTUP
Bumi Turang

Kapendam I/BB: Partisipasi Masyarakat Salah Satu Indikator Keberhasilan TMMD

Sabtu, 11 April 2020 | 18:31:09 WIB Dibaca : 1420 Kali
Kapendam I/BB: Partisipasi Masyarakat Salah Satu Indikator Keberhasilan TMMD Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidi S.,Sos., M.,SI., saat meninjau pembangunan di Desa Kacaribu yang merupakan sasaran kerja Satgas TMMD ke 107 TA 2020 Kodim 0205/TK, Sabtu (11/4/2020). Foto:KS
Loading...

Petunjuk7.com - Kepala Penerangan Daerah Militer ( Kapendam) I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidi S.,Sos., M.,SI., menyebutkan, terkait pelaksanaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 107 Tahun Anggaran (TA) 2020 Kodim 0205/TK  di Desa Kacaribu Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD Ke107 juga Komandan Distrik Kodim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal  merupakan progres pelaksanaan menjelang tiga (3) hari penutupan pada tanggal 14 April 2020  mendatang.

"Kunjungan ini sebagai bagian dari fungsi pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan TMMD Ke 107 di Desa Kacaribu Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo," kata
Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidi S.,Sos., M.,SI., saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (11/4/2020) ketika meninjau sasaran kerja Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke 107 TA 2020 Kodim 0205/TK di Desa Kacaribu, yang membangun jembatan dan dreinase.

“Saya ingin melihat sejauh mana pelaksanaan TMMD berjalan dengan baik atau tidak," sebut Kapendam I/BB.

Partisipasi Masyarakat

Menurut Kapendam I/BB selain mengerjakan sasaran fisik oleh Satgas TMMD yang sedang berjalan, dengan senantiasa mengingatkan Dansatgas atau Dandim bahwa metode yang diterapkan pengerjaan ini merupakan adalah metode gotong royong sebagai wujud partisipasi masyarkat.

“Partisipasi masyarakat menjadi salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan TMMD”, jelas Kolonel Inf Zeni Djunaidi S.,Sos., M.,SI.

Kemudian, lanjut Kapendam, selain melaksanakan sasaran fisik, juga ada sasaran non fisik.

"Dalam bentuk komukasi sosial (komsos), sosialisasi pendidikan, pertanian dan komsos bahaya narkoba dan sosialisasi tentang Covid  - 19 . Hal ini mengandung nilai spirit, dan kepedulian masyarakat terhadap proses pembangunan nasional di wilayahnya," terang Kapendam I/BB.

“Kalau masyarakat sudah peduli terhadap pembangunan di wilayahnya, maka kita berharap hasil pembangunan yang dicapai akan bertahan lama. Karena adanya rasa memiliki dan mau memelihara. Kadang kita mampu membangun tetapi tidak pandai memeliharanya”, sebut Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidi .

Kolonel Inf Zeni Djunaidi menilai sasaran pembangunan TMMD Ke 107 Kodim 0205/TK sangat strategis. Dmana, sambungnya, pembangunan jembatan digunakan untuk menghubungkan dua desa yaitu Desa Kacaribu dan Kandibata maupun bisa juga menuju ke Propinsi Aceh .

"Penentuan sasaran oleh pemerintah dan masyarakat sangat baik melalui proses buttom-up yaitu diusulkan oleh masyarakat kepada pemerintah daerah. Sehingga pembangunan yang dikerjakan dapat memberikan manfaat bagi kebutuhan masyarakat," ketusnya.

Kapendam I/BB menambahkan, bahwa TNI dengan anggaran yang dialokasikan sangat siap, termasuk dengan tenaganya untuk membantu proses pembagunan di wilayah.

"Harus ada dukungan dari pihak pemerintah daerah dalam mengalokasikan anggaran pelaksanaan TMMD. Semakin besar yang dianggarkan, maka semakin banyak bisa dibangun yang tentunya menyentuh kebutuhan masyarakat," pungkas Kolonel Inf Zeni Djunaidi S.,Sos., M.,SI.

Pantauan wartawan di lokasi kegiatan, Satgas TMMD Ke 107 Kodim 0205/TK bersama masyarakat sedang menyelesaikan pembuatan senderan. finishing pembangunan jembatan yang diharapkan menjelang penutupan pada tanggal 14 April 2020 mendatang. Karena tak lain, semuanya kelar, dan siap. Kemudian diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Karo, yang nantinya tentunya bermanfaat, dirasakan oleh masyarakat kedua desa (Kacaribu - Kandibata).

Selain itu, tampak sejumlah pejabat utama di Kodim 0205/TK mendampingi Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidi saat kegiatan kunjungam ini antara lain; Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal, Kasdim Mayor Inf D Marpaung, Danramil 03/BT Mayor Inf Jimmi Barus, Pasipers Kodim 0205/TK, Kapten Inf Bangkit Hutahean, Pasientel Kodim 0205/TK, Kapten Inf Gandhi dan Kepala Desa Kacaribu. (KS).

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Sambut HUT Dharma Pertiwi ke-60 Pengurus Dharma Pertiwi Koorcab Sibolga Daerah A laksanakan Ziarah rombongan

2

Kejaksaan Negeri Karo Masuk Ke SMA N 1 Tiganderket, Halfeus Hangoluan Samosir SH: Membangun Generasi Muda Berintegritas

3

Ukur Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim 0205/TK Gelar Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I Tahun Anggaran 2024

4

Memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, Bupati Karo membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia

5

Jaga Hubungan yang Baik, Babinsa Koramil 06/MT Komsos dengan Warga Binaan