MENU TUTUP

Jelang Natal dan Tahun Baru, Kadishub Karo 'Ramp Check' ke Terminal Tiga Baru

Jumat, 14 Desember 2018 | 18:25:31 WIB Dibaca : 1788 Kali
Jelang Natal dan Tahun Baru, Kadishub Karo 'Ramp Check' ke Terminal Tiga Baru Tampak anggota Dinas Perhubungan Kabupaten Karo ramp check kendaraan di Terminal Tiga Baru, Kota Kabanjahe, Jumat (14/12/2018). Foto:KS
Loading...

Petunjuk.com - Menjelang menyambut hari Natal 2018 dan libur tahun baru 2019, Pemerintah Kabupaten Karo menggelar pengawasan teknik layak jalan terhadap angkutan umum melalui inspeksi keselamatan lalulintas  angkutan jalan atau 'ramp check' ke Terminal Tiga Baru, Jalan Veteran, Kota Kabanjahe, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Jumat (14/12/2018).

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH melalui Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Karo, Gelora Fajar Purba, SH., MH., menegaskan pengontrolan secara teknis terdiri dari beberapa sistem persyaratan, begitu juga dengan kalaikan kendaraan sebagai kondisi minimal suatu kendaraan dilakukan pengecekan terhadap banyak hal misalnya pada ban, rem, kaca dan lampu atau penerangan kendaraan.

“Ramp check difokuskan pada tiga unsur penting, yakni administrasi, teknis dan penunjang. Dan unsur administrasi meliputi SIM, STNK, surat tanda uji kelayakan (STUK),dan kartu pegawai,” tuturnya.

Dilanjutkan Gelora, unsur teknis mencakup sistem penerangan, sistem pengereman, serta kelaikan ban depan dan ban belakang kendaraan.

Sedangkan, untuk unsur penunjang, yang akan diperiksa adalah pengukur kecepatan (speedometer), sabuk keselamatan pengemudi,kaca depan dan penghapus kaca depan (wiper), juga kaca spion dan klakson.

"Semuanya itu, harus dalam keadaan baik sesuai dengan standar keamanan kendaraan. Jika kendaraannya sudah memenuhi syarat tentu akan membuat nyaman para pemudik atau penumpang dan hal ini bertujuan untuk meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas,’’ ujar Gelora seraya menyebutkan memiliki moto: “mela macet” (malu macet).

Pada intinya, sambung Gelora Fajar, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pengguna transportasi yang ada di Kabupaten Karo.

“Kegiatan ramp check ini bisa menekan angka kecelakaan dan memberikan rasa nyaman kepada pengguna armada bus. Ramp heck bukan garansi tidak terjadinya kecelakaan lalu lintas, tapi setidaknya dari sisi kelaikan bus oke. Kecelakaan bisa terhindari," pintanya.

Gelora mengimbau para supir bus Angkutan Kota Dalam Propinsi (AKDP) maupun angkutan pedesaan selalu mematuhi rambu - rambu lalu lintas di jalan.

“Jadikan rambu lalulintas sebagai teman selama perjalanan, bukan seksdar hiasan, supaya meningkatkan keselamatan kita dalam perjalanan,” pungkasnya. (KS).

 

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Komsos Dengan Warga, Babinsa Koramil 05/PY Juga Rutin Pantau Wilayah Binaan

2

Demi Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Koramil 09/LB melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

3

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

4

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

5

Warga Tanjung Balai Ditangkap Satresnarkoba Polres Tanah Karo di Kampung Dalam Kabanjahe Karena Si Putih