MENU TUTUP

Tim Cagar Budaya Temukan Bangunan Peninggalan Sejarah di Rengat Barat

Senin, 11 Juni 2018 | 15:49:18 WIB Dibaca : 2764 Kali
Tim Cagar Budaya Temukan Bangunan Peninggalan Sejarah di Rengat Barat Foto:MC Riau
Loading...

Petunjuk7.com - Menindaklanjuti adanya temuan terhadap struktur bangunan peninggalan sejarah di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melakukan Identifikasi dan inventarisasi pada hari sabtu (9/6/2018) kemarin.

Demikian diungkapkan Kordinator Pelestari Cagar Budaya Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumbar, Riau dan Kepri, Saharan di Kabupaten Inhu yang berhasil menemukan sebuah Artevak.

Selain Artevak, juga menemukan sebuah kolam yang memiliki lebar 6 meter dan panjang 17 meter dilokasi penemuan.

"Terhadap temuan-temuan tersebut sudah kita lakukan Identifikasi dan Inventarisasi serta pengukuran terhadap objek," terang Saharan.

Dijelaskannya, Artevak ditemukan dibagian depan struktur bangunan, persisnya di depan ompak (tapak tower sebelah kanan).

"Saat kita lakukan identifikasi, kita menemukan artevak ditanah didepan ompak bagian kanan. Ketika kita bersihkan kita temukan adanya tulisan dibatu tersebut," ujarnya.

Untuk mengetahui artitulisan tersebut dan tulisannya berasal dari negara mana, pihaknya akan memastikan.

Namun kata Saharan, menduga bahwa batu tersebut merupakan prasati peresmian bangunan.

"Dari hasil Identivikasi selanjunya kita menemukan sebuah kolam yang berada disamping kiri struktur bangunan," terangnya.

Disamping kiri struktur bangunan terangnya, ditemukan sebuah kolam yang memiliki lebar 6 meter, panjang 17 meter dan dalam sekitar 1,5 meter, yang berjarak sekitar 6 meter dari struktur awal.

"Kita berharap nantinya dapat terungkap, bangunan apa sebenarnya yang berada di Desa Talang Jerinjing tersebut," pungkasnya. (FG/MCR).

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Komsos Dengan Warga, Babinsa Koramil 05/PY Juga Rutin Pantau Wilayah Binaan

2

Demi Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Koramil 09/LB melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

3

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

4

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

5

Warga Tanjung Balai Ditangkap Satresnarkoba Polres Tanah Karo di Kampung Dalam Kabanjahe Karena Si Putih