MENU TUTUP

Pengamat IPI Nilai Isu Korupsi Bikin Pasangan Lukman Edy – Hardianto Melejit

Sabtu, 09 Juni 2018 | 22:40:24 WIB Dibaca : 4129 Kali
Pengamat IPI Nilai Isu Korupsi Bikin Pasangan Lukman Edy – Hardianto Melejit
Loading...

Petunjuk7.com – Tren pasangan Cagub-Cawagub Riau Nomor Urut 2 Lukman Edy-Hardianto kian naik. Apalagi keduanya termasuk pasangan yang bersih.

Seperti disampaikan pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie. Ini menurut Jerry, sudah dibuktikan Lukman Edy selama menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR-RI bahkan Menteri PDT.

Apalagi rilis terbaru lembaga survey Lembaga Kajian Pemilu Indonesia(LKPI) di Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Menariknya lagi, 90,2 persen responden menyatakan bahwa pasangan Gubri-Wagubri Zaman Now itu paling bersih dari korupsi  dibanding tiga calon kepala daerah lainnya.

Syamsuar-Edy Nasution 70,2 persen, Arsyadjuliandi Rachman-Suyanto 69,3 persen, dan pasangan Firdaus-Rusli 67,2 persen.

Ini menurut Jerry modal utama meraih kursi panas di Riau sebagai orang nomor satu Riau.

Berdasarkan indeks anti korupsi, maka tingkat elektabilitas atau keterpilihan pasangan Nomor 2 Lukman Edy-Hardianto adalah yang tertinggi.

Pemimpin Riau ujar dia, harus orang yang bersih dari korupsi. Pasalnya, selama ini sudah 3 gubernur yang ditangkap KPK.

Isu korupsi sangat kuat yang diangkat Lukman - Hardianto ke publik dan itu bagaikan magnet yang mampu menarik pemilih.

Begitu pun isu ekonomi yang menjadi branding politik Lukman Edy. Dimana pertumbuhan ekonomi Riau 2018 sangat rendah yakni 2,71 persen.

“Saya melihat juga  tingkat akseptabilitas atau tingkat penerimaan/kesukaan masyarakat Riau terhadap empat pasangan Pilgub Riau, pasangan dengan Jargon Riau Bangkit itu menempati urutan tertinggi, yakni 80,3 persen.

Sementara, pasangan Syamsuar-Edy Nasution 78,2 persen, sedangkan Firdaus-Rusli sebesar 70,2 persen, disusul pasangan petahana Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno di posisi buncit, sebesar 68,2 persen,” kata Jerry.

Dari empat pasangan di Pilgub Riau ujar dia, yang paling berpotensi menang hanyalah Lukman Edy-Hardianto dan Syamsuar-Edy Nasution yang saat ini bersaing ketat.

Saat ini keduanya bersaing ketat. Kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur, Lukman Edy-Hardianto sebanyak 31,4 persen responden yang suka dengan keduanya dan pasangan Syamsuar-Edy Nasution dipilih sebanyak 25,1 persen.

Sedangkan pasangan Firdaus-Rusli menurut survey lembaga ini meraih 11,3 persen, dan Arsyadjuliandi Rachman–Suyanto 10,1 persen. (Rilis).

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

2

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

3

Siswa/i SMA Negeri I Kabanjahe 23 Orang Lulus Jalur Seleksi (SNBP) TP 2023/2024

4

Turis Asing Asal Perancis Berhasil Dievakuasi TIM Gabungan, Kuat Dugaan Diserang Oleh OTK, Kasusnya Sedang Diselidiki Polres Tanah Karo

5

Cek Pos Tugu Juang Berastagi, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Effendi: Saya menekankan pentingnya penerapan tindakan Preventif, Represif, dan Penegakan Hukum