MENU TUTUP

Bapeda Pelalawan: Pembangunan Kereta Api Riau - Jambi Dibatalkan Pemerintah Pusat

Jumat, 27 April 2018 | 08:34:16 WIB Dibaca : 983 Kali
Bapeda Pelalawan: Pembangunan Kereta Api Riau - Jambi Dibatalkan Pemerintah Pusat Ilustrasi. Foto: Pixabay.com
Loading...

Petunjuk7.com - Kegembiraan masyarakat Kabupaten Pelalawan merasakan adanya pembangunan rel kereta api yang rutenya Kabupaten Pelalawan (Provinsi Riau) menuju Provinsi Jambi menjadi hampa.

Pasalnya, Pemerintah Pusat membatalkan pembangunan rute kereta api tersebut yang masuk dalam proyek strategis nasional (PSN). Pembangunan kereta api yang menghubungkan dua Provonsi tersebut menempuh jarak sekitar kurang lebih 350 KM.

" Pembangunan rel kereta api rute Provinsi Riau menuju Provonsi Jambi batal. Meski belum mendapat surat resmi, namun informasi pembatalan ini, kita dapat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Pelalawan Ir M Syahrul Syarif MSi didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pelalawan Tengku Ridwan SH MH, Kamis (26/4) di Pangkalankerinci.

Ir M Syahrul Syarif mengatakan, dengan adanya pembatalan tersebut, maka pihaknya akan menanyakan langsung kepada pemerintah pusat melalui Kemenhub, apa alasan pembatalan pembangunan rel kereta api tersebut.

Dijelaskan Syahrul, sebelum adanya pembatalan tersebut, pihaknya sudah melakukan studi kasus lokasi yang akan jadikan rute pembangunan rel lokomotif tersebut.

" Untuk itu, kita berharap pembatalan pembangunan kereta api diwilayah ini tidak terjadi. Pasalnya, jika pembangunan rel kereta api ini terwujud, maka tentunya akan berdampak meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar," sebutnya.

Lanjutnya, sebelumnya, pembangunan rel kereta api di Kabupaten Pelalawan masuk Koridor IV yakni Pekanbaru, Pelalawan dan Inhu yang akan menempuh jarak sekitar kurang lebih 350 KM.

Selain pembangunan jalur kereta api, rencananya Pemeritah Pusat juga akan membangunan jalan tol trans sumatera sekaligus. Pembangunan sektor jalur kereta api dan jalan tol tersebut akan dibangun melalui anggaran pendapatan belanja negara (APBN) pusat. (FG/MCR) 

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Issu Karo Lockdown Hoax , Silahkan Datang Ke Berastagi Tapi Harus Patuhi Prokes 

2

DPD IPK Karo beserta Sayap IPK membagikan Takjil di bulan Ramadhan tahun 1442 H

3

Kapolres AKBP Yustinus Setyo SH SIK Resmikan Aula Wira Satya Nagara Polsek Simpang Empat

4

Yonif 125/Simbisa Syukuran Bersama PERS Setelah Pulang Dari Perbatasan RI - PNG 

5

Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat 2021