MENU TUTUP

Bensin Punya Tanggal Kedaluwarsa Seperti Makanan? Ini Penjelasannya

Ahad, 01 April 2018 | 12:45:02 WIB Dibaca : 1935 Kali
Bensin Punya Tanggal Kedaluwarsa Seperti Makanan? Ini Penjelasannya Pertamina mengungkapkan bahan bakar minyak (BBS) tidak ada masa kedaluwarsa, namun senyawanya akan berubah jika sudah tercampur air. Foto:Inews.id
Loading...

Petunjuk7.com - Banyak orang yang beranggapan bahan bakar minyak (BBM) ada masa kedaluwarsanya seperti makanan.

Kualitas bensin dipercaya akan menurun, jika kendaraan tidak digunakan dalam jangka waktu lama.
Benarkah?...

External Communication Manager PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Pramita mengatakan, jika bicara kualitas bahan bakar, Pertamina mempunyai waktu simpan yang singkat.

Di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) waktu simpan BBM kurang lebih 1-2 hari.

"Kenapa saya katakan begitu, karena sistem pendistribusian BBM di Pertamina menyesuaikan dengan penjualan harian. Kami menjaga kualitas BBM yang dikirim setiap hari. Jadi enggak ada BBM yang dijual itu sudah tertimbun sampai 1 bulan," ujarnya.

Selaras dengan Arya, Officer Commercial Retail Fuel Marketing Pertamina Indra Pratama juga mengklaim, bahan bakar Pertamina tetap terjaga kualitasnya, meski dibiarkan selama satu bulan dalam tangki kendaraan. Tapi, musuh yang paling bahaya adalah air.

Indra menjelaskan, sebenarnya tidak ada kata kedaluwarsa untuk bahan bakar. Tapi, senyawanya akan berubah jika sudah tercampur air. Bensin yang tertimbun pasti akan menguap, dari hasil uap tersebut akan menghasilkan air.

"Misalnya tangki motor, kita isi setengah tapi dalam jangka waktu lama tidak terpakai. Pasti ada penguapan (sisa ruang kosong di tangki). Penguapan ini menimbulkan air dan merusak kualitas bahan bakar," jelasnya.

Sumber:Inews.id


Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Komsos Dengan Warga, Babinsa Koramil 05/PY Juga Rutin Pantau Wilayah Binaan

2

Demi Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Koramil 09/LB melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

3

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

4

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

5

Siswa/i SMA Negeri I Kabanjahe 23 Orang Lulus Jalur Seleksi (SNBP) TP 2023/2024