MENU TUTUP

Tidak Dirawat: Jelajah Situs Sejarah Goa Jepang di Kota Padangsidimpuan

Jumat, 22 September 2017 | 23:01:20 WIB Dibaca : 9979 Kali
Tidak Dirawat: Jelajah Situs Sejarah Goa Jepang di Kota Padangsidimpuan Pintu masuk goa Jepang di Kota Padangsidimpuan. Foto:Idham
Loading...

Sumatera Utara - Sewaktu jaman penjajahan Jepang, beberapa di daerah yang ada di Indonesia terdapat Goa - goa yang di bangun oleh penjajah Jepang.

Tentu peninggalan Goa tersebut bisa ditemukan di Bukit Tinggi, Propinsi Sumatera Barat, Propinsi Bali, Propinsi Papua dan di Kota Padang Sidimpuan, Propinsi Sumatera Utara.

Sebagaimana diketahui kegunaan goa tersebut untuk tempat persembunyian para tentara, perlindungan, maupun tempat senjata bahkan untuk tahanan perang penjajah Jepang.

Nah, jika melihat goa peninggalan jaman Jepang yang berada di Kota Padang Sidimpuan persisnya mengarah ke belakang Gereja HKBP Kota Padangsidimpuan, di Jalan Serma Lian Kosong. Kini kondisinya tidak terawat dan tidak dirawat sebagai situs sejarah yang ada di Kota Padangsidimpuan.

Ini terlihat dari pantauan www.petunjuk7.com, ketika dipandu oleh warga untuk mengungkap asal usul keberadaan goa tersebut ditengah masyarakat, Jumat(22/09). Saat memasuki goa Jepang tersebut terkesan dibiarkan, tampak ilalang tumbuh di pintu masuk goa.

Menurut warga sekitar, Alex Marbun, bahwa goa tersebut panjangnya tembus ke daerah Simarpinggan Kabupaten Tapanuli Selatan.

"Mungkin dulu go Jepang itu, sebagai tempat persembunyian dan pelarian penjajah Jepang pada eerang dunia ke dua (II), " ungkap Alex kepada www.petunjuk7.com.

Alek menjelaskan, pernah seseorang menjelajah masuk kedalam goa dan melihat kondisi goa.

"Pernah ada orang yang masuk kedalam, dan ketinggian gua Jepang itu ke permukaan tanah sekitar kurang lebih 180 cm dan lebar nya muat dua orang dewasa," ungkap Alek.

Cerita tentang goa Jepang di Kota Padangsidimpuan, bukan cerita baru. Ditengah Kota Padangsidimpuan ada yang tak tahu keberadaan goa Jepang.

Menurut cerita Erwan Pulungan, bahwa dari saksi orang - orang tua dahulu, goa yang ada di Kota Padangsidimpuan memang goa peninggalan Jepang.

"Sangat disayangkan juga ya," cetus Pulungan

"Goa Jepang ini di biarkan begitu saja.Tak ada yang memperhatikan.Padahal ini adalah masuk peninggalan situs sejarah," jelas Pulungan.

Senada Erwin Pulungan, Ucok Siregar salah seorang warga Kota Padangsidimpuan mengungkapakan, dengan adanya goa Jepang merupakan sebagai bukti dan saksi bisu sejarah perjuangan perang dunia ke II saat pa pahlawan kemerdekaan mempertahankan Indonesia.

"Kita tahu sendiri kalau goa Jepang ini di pelihara serta di perhatikan bisa menjadi objek penelitian di bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan, serta meninkatkan pendapatan daerah, " sebut Ucok.

Ucok menambahkan, dengan memperhatikan serta merawat goa Jepang yang ada di Kota Padangsidimpuan, bisa menyelamatkan benda atau tempat bersejarah.

"Sehingga generasi penerus bisa menikmatinya dan menanamkan kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, " ujarnya. (Idham)




Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kejaksaan Negeri Karo Masuk Ke SMA N 1 Tiganderket, Halfeus Hangoluan Samosir SH: Membangun Generasi Muda Berintegritas

2

Ukur Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim 0205/TK Gelar Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I Tahun Anggaran 2024

3

Memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, Bupati Karo membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia

4

Jaga Hubungan yang Baik, Babinsa Koramil 06/MT Komsos dengan Warga Binaan

5

Ciptakan Keamanan Dan Pantau Harga Sembako, Babinsa Koramil 05/Payung Sambangi Pasar Tradisional