• Follow Us On : 
Terancam Dicopot Jokowi, Menteri Agraria Kebut Sertifikasi Tanah Foto:tempo.co

Terancam Dicopot Jokowi, Menteri Agraria Kebut Sertifikasi Tanah

Ahad, 23 April 2017 - 20:34:22 WIB
Dibaca: 2098 kali 
Loading...

Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Pertanahan Nasional Sofyan Djalil mengatakan pihaknya tengah mengebut menyelesaikan sertifikasi lima juta bidang tanah tahun ini seperti permintaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ia mengakui target tersebut cukup berat.

“Itu target yang sudah kami sepakati. Berat, tapi semua harus kerja keras...,” tulis dia dalam pesan pendeknya melalui WhatsApp kepada Tempo, Ahad, 23 April 2017.

Kinerja Kementerian Agraria dan Tata Ruang belakangan disorot oleh presiden. Saat membuka Kongres Ekonomi Umat 2017, Sabtu kemarin, Jokowi mengingatkan kepada Sofyan yang turut hadir dalam acara itu, bahwa dari 126 juta bidang tanah, baru 46 juta yang disertifikasi.

Presiden Jokowi meminta target sertifikasi lima juga bidang tanah di tahun ini harus tercapai. Bila tidak, ia menyatakan akan menggeser atau bahkan mengganti menteri-menterinya yang tidak bisa memenuhi target itu.

Terkait dengan peringatan Jokowi tersebut, menurut Sofyan, itu merupakan pernyataan umum presiden tentang cara bekerja sama dengannya. Semua, kata dia, ada target yang harus dicapai. “Presiden menyatakan hal yang sama dalam berbagai kesempatan. Saya sudah sering mendengar pernyataan tersebut,” ucapnya.

Proses sertifikasi tanah sendiri melewati empat tahapan, yaitu pemetaan, pengukuran, pendaftaran, dan tahap akhir pemberian sertifikat. Saat ini, kata Sofyan, pihaknya sedang mempercepat proses pemetaan, pengukuran, dan pendaftaran tanah.

Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional ini menambahkan, sertifikat yang sudah jadi hingga saat ini mencapai ratusan ribu. “Sebagian sudah diserahkan,” ucapnya.(tempo.co)



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER