MENU TUTUP

Pengamat Sebut Relawan yang Berdarah - darah Dukung Jokowi Layak Diberi Jabatan

Kamis, 30 Juli 2020 | 19:41:09 WIB Dibaca : 1260 Kali
Pengamat Sebut Relawan yang Berdarah - darah Dukung Jokowi Layak Diberi Jabatan Foto:rls/esensinews/P3S
Loading...

Petunjuk7.com - Pengamat Politik Political and Public Policy Studies (P3S) menuturkan seyogianya Presiden Jokowi bisa memposisikan para relawannya yang telah berjuang hingga beliau menjadi presiden.

“Bukan hanya di BUMN saja. Pantaslah kalau pejuang seperti kelompok relawan yang terdiri ratusan organisasi. Masuk pun 100 di BUMN tidak rugi yang penting mereka yang punya compentency, expreriance and expert (kompetensi, pengalaman dan keahlian),” kata Jerry dalm Webinar yang digagas Gus Soleh dan Kumpulan Relawan Jokowi ‘AKAR’, Rabu (29/7/2020).

Kementerian yang rangkap jabatan kata Jerry, ada 254 orang dari 397 atau 64 persen. Relawan hanya 25 orang yang duduk. Dan di BUMN ada 55 yang rangkap jabatan dan 125 pejabat publik.

“Saya bingung ini negeri hukum atau apa? Kalau menerapkan hukum rimba tak masalah. Padahal ini melanggar dengan Undang-undang No 25 Tahun 2009 Pasal 17 tentang Pelayanan Publik, UU Polri, UU TNI, hingga UU No 19 Tahun 2003 tentang BUMN. Disana dijelaskan tak bisa ada rangkap jabatan,” ujar Jerry.

Disisi lain kata Jerry, mereka yang tak berjuang, tapi mereka yang lebih diprioritaskan duduk dipos strategis. Ini bukan lagi adil tapi tidak merata namun tidak adil dan tidak merata.

Dari sisi jelas dia, ini bukan lagi open management or management by objective tapi ungateful management(manajemen tak berterima kasih).

“Saya nilai Jokowi tak punya sense of belonging (rasa memililiki) terhadap relawannya yang berdarah-darah atau mati-matian mendukungnya. Walaupun relawan tak diberikan kursi tapi hargai saja sudah cukup. Dan ingat perjuangan mereka. Kalau perlu undang mereka ke istana," sebut Jerry.

“Jangan muncul istilah habis manis sepah dibuang,” ucapnya.

Jerry pun mencontohkan, ada Ketua Relawan We Love Jokowi (WLJ), Yanes Frans yang sudah berjuang dari 2014 silam, dan sudah berapa kali dijanjikan akan duduk sebagai Wakil Kepala KSP.

Akan tetapi hal itu hanya harapan palsu tanpa ada eksekusi atau realisasinya. Begitu pula pendukung setia Gus Soleh sebagai Ketua Relawan Jokowi juga tapi tak digubris.

Dia pun menilai ketimbang Ali Ngabalin yang memiliki jabatan ganda duduk di KSP, Komisaris dan juga disalah satu Kementerian lebih baik di berikan kepada para relawan.

“Dalam tulisan saya ada 10 kemenangan Jokowi di Pilpres salah satu faktor penentu adalah relawan. Jadi tanpa relawan Jokowi bukan siapa-siapa barangkali tak akan naik sebagai presiden,” tegas Jerry.

Seperti diketahui, komisaris yang merangkap paling Sedangkan Kementerian yang paling banyak menyumbang komisaris rangkap jabatan adalah Kementerian BUMN sejumlah 55 orang ASN.

Di urutan kedua berasal dari Kementerian Keuangan sebanyak 42 orang ASN. Sementara komisaris BUMN yang berasal dari kalangan TNI sebanyak 27 orang, Polri 13 orang, dan Kejaksaan 12 orang. (rls/PS3/esensinews).

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Komsos Dengan Warga, Babinsa Koramil 05/PY Juga Rutin Pantau Wilayah Binaan

2

Demi Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Koramil 09/LB melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

3

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

4

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

5

Warga Tanjung Balai Ditangkap Satresnarkoba Polres Tanah Karo di Kampung Dalam Kabanjahe Karena Si Putih