• Follow Us On : 
DPD Tani Merdeka Indonesia Kabupaten Karo Resmi Dilantik, Diharapkan Mampu Mensejahterakan Petani Ketua DPD TMI Kabupaten Karo Nawari Sembiring saat menyampaikan sambutannya

DPD Tani Merdeka Indonesia Kabupaten Karo Resmi Dilantik, Diharapkan Mampu Mensejahterakan Petani

Rabu, 23 Oktober 2024 - 11:01:11 WIB
Dibaca: 138 kali 
Loading...

Petunjuk7.com, KARO [ Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Tani Merdeka Indonesia (TMI) Kabupaten Karo resmi dilantik dan dikukuhkan pada Rabu 23/10/2024). Acara ini dihadiri langsung oleh Ketua TMI Propinsi Sumatra Utara, H Muhammad Husni, yang memberikan amanat kepada pengurus baru untuk senantiasa hadir di tengah-tengah para petani di Kabupaten Karo.

Ketua DPD TMI Kabupaten Karo, Nawari Sembiring yang baru dilantik, menyampaikan komitmennya untuk berperan aktif dalam mendukung kesejahteraan petani di wilayahnya.

Menurutnya sebagian besar petani di Kabupaten Karo saat ini merupakan generasi tua, sementara kaum muda masih sangat minim yang tertarik untuk terjun di bidang pertanian.

“Kondisi pertanian di Kabupaten Karo masih didominasi oleh petani yang usianya sudah tua. Kami berharap generasi muda bisa ikut berperan dan melanjutkan kegiatan bertani yang diwariskan orangtua mereka,” sebut Nawari Sembiring dalam sambutannya.

Peningkatan sektor pertanian ini, imbuhnya, sejalan dengan program presiden terpilih, Pak Prabowo, untuk menunjang ketahanan pangan nasional. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa langkah awal yang akan dilakukan DPD TMI Kabupaten Karo adalah berfokus pada upaya peningkatan kesejahteraan petani dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) para pemangku kepentingan di sektor pertanian.

Menurut Nawari, para petani saat ini dihadapkan pada berbagai kendala, termasuk dampak inflasi yang menyebabkan meningkatnya biaya operasional pertanian. Selain itu, harga pupuk yang semakin mahal dan hasil produksi pertanian yang menurun turut menjadi tantangan besar bagi para petani di Kabupaten Karo.

“Dukungan dari pemerintah dan kepedulian semua pihak sangat dibutuhkan untuk mengatasi persoalan ini. Kami di TMI akan bekerja sama dengan pemerintah dan berbagai pihak untuk memperbaiki serta mencari solusi terbaik bagi petani,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dewan Pembina TMI DPD Provinsi Sumatera Utara,  H Mhd Husni menambahkan bahwa pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk membangun sektor pertanian yang kuat dan berkelanjutan.

Ia juga mengapresiasi kepemimpinan baru DPD TMI Kabupaten Karo yang berkomitmen untuk memberdayakan petani di daerah. “Saya berharap TMI Kabupaten Karo bisa menjadi pelopor perubahan di sektor pertanian, terutama dalam mendorong partisipasi generasi muda untuk terlibat aktif,” Ucap H Muhammad Husni.

Petani muda, sebut Husni, memiliki potensi besar untuk menerapkan teknologi modern dan inovasi dalam bercocok tanam, sehingga mampu meningkatkan hasil pertanian. Ia menekankan bahwa TMI Kabupaten Karo harus terus bersinergi dengan pemerintah daerah dan stakeholder lainnya untuk menciptakan program-program yang konkret dan berdampak langsung pada kesejahteraan petani.

Kehadiran TMI di Kabupaten Karo diharapkan dapat menjadi angin segar bagi para petani untuk mengatasi tantangan dan meningkatkan ketahanan pangan di daerah.

Dalam acara pelantikan Pengurus Tani Merdeka Indonesia Kabupaten Karo dihadiri Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang yang diwakili Plt Kepala Dinas Pertanian Michael Purba, Wakapolres Tanah Karo Kompol Zulham, Danramil 03/BT Mayor Chb Vincent Bangun, Kajari Karo yang mewakili dan tamu undangan lainnya. 

 

Laporan : Surbakti 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER