• Follow Us On : 
Program TMMD 2024 di Kabupaten Karo Resmi Dibuka, Bupati Cory Sebayang : Sinergi Lintas Sektoral Bangun Desa Bupati Karo Cory S Sebayang saat menandatangani pembukaan TMMD di Desa Mbal-Mbal Petarum

Program TMMD 2024 di Kabupaten Karo Resmi Dibuka, Bupati Cory Sebayang : Sinergi Lintas Sektoral Bangun Desa

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:53:44 WIB
Dibaca: 470 kali 
Loading...

Petunjuk7.com, KARO [ Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2024 resmi dilaksanakan di Desa Mbal Mbal Petarum Kecamatan Laubaleng Kabupaten Karo. TMMD sebagai wujud nyata kolaborasi lintas sektoral antara TNI dan Pemkab Karo dalam mempercepat pembangunan pedesaan.

Upacara pembukaan TMMD tahun 2024 digelar di lapangan Desa Mbal Mbal Petarum, Selasa 20/2 dan dipimpin langsung oleh Bupati Karo Cory S Sebayang. Hadir dalam pembukaan TMMD, Dandim 0205/TK Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti, Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, serta jajaran OPD Pemkab Karo. 

Dalam sambutannya, Bupati Cory Sebayang menyampaikan TMMD merupakan program terpadu dan lintas sektoral yang dilakukan sebagai wujud kepedulian TNI untuk membantu pemerintah daerah. Yakni dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Upaya tersebut diwujudkan dalam karya bhakti yang dilakukan bersama-sama antara TNI, instansi pemerintah dan komponen masyarakat. 

“Pada hakikatnya TMMD ini untuk memotivasi dan menumbuh kembangkan kesadaran, semangat dan gotong royong masyarakat dalam membangun desanya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Bupati Perempuan Pertama di Kabupaten Karo tersebut menjelaskan bahwa kegiatan TMMD ini mempunyai peran strategis di mana dapat membangkitkan kembali nilai-nilai luhur bangsa dengan semangat kebangsaan.  Sehingga akan lahir kembali cita-cita Tanah Air, kesatuan dan persatuan bangsa. 

Selain sebagai wujud kepedulian TNI, program TMMD juga bentuk komunikasi yang sehat dalam membangun kemanunggalan TNI dengan rakyat. Juga sebagai wadah  membangun komitmen dan citra positif untuk mengimplementasikan 8 wajib TNI. Yaitu bersikap ramah tamah terhadap rakyat, bersikap santun kepada rakyat, menjunjung tinggi kehormatan wanita, menjaga kehormatan diri dimuka umum, senantiasa menjadi contoh sikap kesederhanaan. Selain itu juga tidak merugikan rakyat, tidak menakuti dan menyakiti hati rakyat, serta menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya.

“Pelaksanaan TMMD yang dilaksanakan mulai tanggal 20 Februari September hingga 20 Maret 2024 selama 30 hari dengan tema WUJUD KEMANUNGGALAN TNI BERSAMA RAKYAT. Diharapkan ini dapat memberi kontribusi nyata yang terintegrasi dalam dua kegiatan baik sasaran fisik maupun non fisik,” jelas Bupati Karo Cory S Sebayang. 

Ditempat yang sama, Danrem 023/KS Kolonel Inf Lukman Hakim yang juga selaku Penanggung Jawab Keberhasilan Pelaksanaan (PKP) melalui Dansatgas TMMD Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti mengatakan untuk wilayah Korem 023/KS dilaksanakan di Kodim 0205/TK bertempat di Desa Mbal Mbal Petarum Kecamatan Laubaleng Kabupaten Karo.

Program kegiatan TMMD kali ini menyasar pada kegiatan fisik dan nonfisik, Kegiatan fisik Meliputi Pembukaan badan jalan sepanjang 2 km lebar 10 m, Pembuatan jembatan 1 Unit 12 m x 6 m, Pemasangan Box Culvert 12 titik, penyertuan jalan 6 km, penggalian parit pengendalian Air 6 km, pembuatan tembok pengaman 500 m.

sasaran nonfisik antara lain Penyuluhan Hukum, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Kesehatan, Penyuluhan Bahaya Narkoba, Penyuluhan Pendidikan, Penyuluhan agama, Penyuluhan Kesehatan dan Penyuluhan Wasbang.

Dansatgas mengatakan TMMD merupakan program terpadu yang melibatkan lintas sektoral yang dilakukan sebagai wujud kepedulian TNI untuk membantu pemerintah daerah. TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong dalam membangun bangsa. 

 

Laporan : Surbakti 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER