• Follow Us On : 
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Dan Dansatgas Imbau Warga Supaya Tidak Masuk Ke Zona Merah Sinabung Ket ft : Personil Koramil 04/SE Saar imbau kepada masyarakat supaya tidak memasuki ke Zona Merah Sinabung

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Dan Dansatgas Imbau Warga Supaya Tidak Masuk Ke Zona Merah Sinabung

Senin, 15 Mei 2023 - 10:58:33 WIB
Dibaca: 1144 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Pusat Vulkanologi dan Mitigasi bencana geologi yang berada di Desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo yang dipimpin Armen Putra menghimbau kepada masyarakat khususnya tamu wisata supaya tidak memasuki ke zona merah apalagi menaiki ke Gunung Sinabung. 

Menurut keterangan Armen Putra ketika dikonfirmasi wartawan pada hari Senin 15/5/2023 melalui pesan Whatsappnya mengatakan terkait status Gunung Sinabung pada saat ini masih di status Level II dan waspada .

Armen Putra mengatakan ," kami minta kepada masyarakat maupun pengunjung/ wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G.Sinabung, serta radius 4.5 km untuk sektoral selatan-timur.

" Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. Pemerintah Daerah Kabupaten Karo agar senantiasa berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau Pos Pengamatan Gunung api Sinabung.

Amatan ke Gunung Sinabung terlihat jelas hingga kabut 0-I. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 50-300 m di atas puncak kawah. Untuk kegempaan Jumlah : 1, Amplitudo : 4 mm, Durasi : 50 detik , Vulkanik Dalam

(Jumlah : 2, Amplitudo : 28-54 mm, S-P : 2-3 detik, Durasi : 23-26 detik ) ,Tektonik Lokal , Jumlah : 1, Amplitudo : 7 mm, S-P : 5.7 detik, Durasi : 30 detik) ,Tektonik Jauh*

(Jumlah : 1, Amplitudo : 16 mm, S-P : 15 detik, Durasi : 110 detik) ,"  ucap Armen Putra .

Ditempat terpisah , Kepala Dansatgas Gunung Sinabung Letkol Inf Benny Angga yang juga sebagai Dandim 0205/TK ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan , kami dari Dansatgas Gunung Sinabung tetap menghimbau kepada masyarakat khususnya tamu wisata supaya tidak memasuki ke area Zona merah. 

" apalagi mendaki ke Puncak Gunung Sinabung , itu sangat - sangat berbahaya jika terjadi erupsi . Saya juga perintahkan kepada personil kita yang bertugas di sekitar Gunung  Sinabung khususnya Koramil 05/Payung dan Koramil 04/Simpang Empat supaya tak bosan bosan menghimbau kepada masyarakat supaya tidak memasuki ke zona merah Gunung Sinabung , apalagi mendaki ke puncak gunung sinabung ," ucap Dandim 0205/TK Letkol Inf Benny Angga selaku Dansatgas Gunung Sinabung .

 

Laporan : Surbakti 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER