• Follow Us On : 
Akibat Hujan Deras 5 Rumah Warga Desa Gongsol Tertimbun Material Longsor Longsor Di Desa Gongsol

Akibat Hujan Deras 5 Rumah Warga Desa Gongsol Tertimbun Material Longsor

Kamis, 17 Maret 2022 - 17:33:29 WIB
Dibaca: 1216 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Bencana alam tanah longsor terjadi di wilayah Desa Gongsol Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo tepatnya di Lau Sungsang , Kamis 17/03/2022 sekitar pukul 15.00 wib .

Di ketahui bencana alam tanah longsor ini di sebabkan oleh intensitas hujan yang cukup tinggi tanpa henti sejak siang sampai sore hari mengakibatkan 5 rumah warga Desa Gongsol antara lain rumah Krisman Zebua  , Diuman Nduru , Rais Zebua,  Reno dan Budi tertimbun material tanah longsor. Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun pemilik rumah masih mengalami trauma yang mendalam.

Bermula saat pemilik rumah masih diladang , sementara keadaan hujan lebat, tiba tiba ada gemuruh suara dari belakang rumah ,dan dalam sekejap tanah langsung menimpah rumah warga .

Menurut keterangan Danramil 04/SE Kapten Czi Manson Tarigan yang di dampingi Kapolsek Simpang Empat AKP Ridwan Harahap,  Camat Merdeka Drs Oberlin Sembiring dan Kepala Desa Gongsol Syahmidun yang dikonfirmasi mengatakan bahwa Jajarannya bersama instansi terkait sudah langsung datang ke lokasi tanah longsor tersebut dalam melakukan upaya evakuasi serta mengamankan lokasi bencana alam tersebut.

Tampak turun di lokasi kejadian Danramil 04 / SE, Kapolsek Simpang Empat  , Camat Merdeka  , Kades Gongsol melakukan evakuasi bersama warga dan pengamanan di lokasi timbunan longsor.

Kades Gongsol Syahmidun menyampaikan , warga tersebut sudah kita ungsiken ke tempat yang lebih aman untuk mengantisipasi longsor susulan  , dan bencana longsor ini sudah kita laporkan kepada Pemkab Karo , supaya dalam waktu dekat ini akan segera di perbaiki.

“Untuk itu saya harapkan untuk selalu waspada dan antisipasi bila mana ada longsor susulan yang bisa saja terjadi, melihat Medan nya yang rawan longsor ,”tutup nya.

Tanggap cepat yang di lakukan Koramil 04/SE Kapten Czi Menson Tarigan bersama Polsek Simpang Empat dan Forkopimca dan jajarannya terkait bencana ini, menjadi poin penting bahwa beliau sangat peduli dengan warga .

Dimana bencana alam tanah longsor ini disebabkan karena derasnya curah hujan di wilayah setempat yang sebagian besar merupakan area pegunungan yang minim pepohonan sehingga dengan leluasa air hujan meluncur ke bawah tanpa hambatan.

Untuk itu sangat lah di butuh kan kesadaran masyarakat agar dapat melestarikan lingkungan dengan menanami pohon di tempat rawan longsor dan bukan sebaliknya merusak lingkungan di daerah kita sendiri.

Saat berita ini di angkat,kondisi tanah memang belum stabil, namun material longsoran sudah di bersihkan guna membantu memindahkan material longsoran yang menimpah rumah warga.

 

Laporan : Sekilap 

 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER