• Follow Us On : 
Tanpa APBD, Masyarakat Membangun Pasar Pagi Sungai Sibam Ketua Panitia memakai peci (kiri) dan Camat Payung Sekaki (kanan). Foto: Hapa.

Tanpa APBD, Masyarakat Membangun Pasar Pagi Sungai Sibam

Ahad, 14 Mei 2017 - 14:26:45 WIB
Dibaca: 2310 kali 
Loading...

Pekanbaru- Ketua Panitia acara pembukaan pasar Sungai Sibam, di Kelurahan Sungai Sibam, Kecamatan Payung Sekaki, Apriansyah mengatakan, dengan dibuka pasar tersebut masyarakat menyambut baik.

"Mudah - mudahan masyarakat disini terbantulah ekonomi dengan baik dengan ada pasar ini." Jelasnya kepada www.petunjuk7.com, Minggu (14/5).

Apriasyah menerangkan bahwa pasar pagi Sungai Sibam, dikelola bersama masyarakat. "Bantuan APBD (Anggaran Pembelajaan Daerah) tidak ada. Dikelelola Pribadi bersama RT/RW dan masayarakat. " tuturnya.

Ia juga menambahkan untuk para pedagang yang mengunakan lapak di pasar pagi Sungai Sibam dikenakan biaya Rp300ribu/bulan.

"Sampah tidak dipungut biaya dan keamanan tidak pungut biaya untuk sementara ini. Karena baru ya, melihat perkembangan" cetusnya, yang saat ini izin pasar pagi Sungai Sibam dalam proses di Dinas Perdagangan Kota Pekanbaru.

"Izin dari Camat dan Lurah sudah ada. Dan di Disperidag sedang proses." Tandasnya.

Sedangkan Camat Payung Sekaki, Zarman Candra, S.STP berharap agar pasar pagi Sungai Sibam menjadi ikon di Kelurahan Sungai Sibam.

Karena katanya ini menjadi skala besar, jadi pasar yang cukup lumayan refrenstatif dan terpadu.

"Alhamdullilah ya, pada hari ini pasar Sungai Sibam telah diresmikan. Saya dan Lurah langsung datang. Ini merupakan bentuk perhatian Lurah beserta jajarannya termasuk masyarakat memberikan fasilitas terhadap masyarakat Beringin dan Kelurahannya, " sebutnya.

Sehingga lanjut Zarman memudahkan untuk masyarakat berbelanja.

"Dan juga harapan kepada pengelola sebagai mana disampaikan Pak lurah agar mennjaga keamanan, kebersihan, dan keteriban umum jangan sampai menggangu lalu lintas yang ada. Karena Jalan Beringin di Kelurahan Sungai Sibam, merupakan pintu masuk, merupakan kawasan menuju pemukiman dan kantor Lurah. Dan diharapkan, silahkan kepada RT/RW disosialisakan di Kecamatan Payung sekaki, dan juga ini merupakan tetangga ke Kecamatan Tampan, dan Tapung ( Kabupaten Kampar)." Himbaunya.

Zarman berpesan dengan disosialisakan pasar ini menambah geliat aktivitas di pasar ini dan menambah pemasukan daripada warga yang memiliki kios - kios yang melakukan aktivitas.

"Ini sesuai dengan visi Walikota yang menjadi masyarakat Madani sejahtera, sehingga pak Lurah tahu apa yang akan diprogramkan nanti." Tuturnya.

Lahan Pasar 4 Hektare

Senada Camat, Lurah Sungai Sibam, Lukman Hakim, SP menyambut baik dengan adanya pasar pagi Sungai Sibam.

Sebab, kata Lukman kehadiran pasar mempermudah akses mencari kebutuhan sehari - hari.

"Antusias masyarakat cukup bagus. Karena pasar pagi Arengka sangat jauh. Kami diundang untuk meresmikan.
Kami melihat sistim manajemen cukup bagus, beda dengan fasilitas pasar tradisional yang ada. Ada wc, mushala. Parkirnya oke." Sebut Lukman.

Lukman menerangkan, untuk pembuatan pasar, jelasnya lahan telah ada disediakan.

"Untuk pasar, ini memang lahan sudah ada disediakan empat (4) hektare. Pasar pagi Sungai Sibam diresmikan karena ada warga yang memilik lahan 4oo meter, sehingga didukung menunggu yang dibangun. Karena melihat kondisi yang jauh sehingga dibuat alternatif." Jelasnya.

"Jadi ini diresmikan sebelum Bulan Puasa. Pas Bulan Puasa sudah ada. Disini ada kebutuhan sembilan (9) bahan pokok. Nanti akan dibuat kios. " Tambahnya, dengan ada pasar tersebut warga sekitar yang memiliki lahan kosong bersedia dijadikan parkir. (Hap)








Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER