• Follow Us On : 
Wacken Metal Battle Indonesia 2017: The Final Battle Konfrensi pers wacken battle metal Indonesia 2017. Foto: pikiranrakyat.com

10 Band Metal Terbaik Akan Tampil

Wacken Metal Battle Indonesia 2017: The Final Battle

Kamis, 11 Mei 2017 - 17:36:13 WIB
Dibaca: 3367 kali 
Loading...

Bandung- Sepuluh band metal terbaik bakal tampil pada ajang "Wacken Metal Battle Indonesia 2017: The Final Battle" di Gudang Persediaan Cikudapateuh PT KAI, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Minggu, 14 Mei 2017.

Aksi panggung mereka menjadi bahan penilaian dari tim juri yang terdiri atas Man Jasad, Dadan Ketu (manajemen Burgerkill), Adib Hidayat (Rolling Stone), John Resborn (The Metal Rebel, Swedia), dan Dom Lawson (Metal Hammer Magazine, Inggris). 

"Satu band metal terpilih menjadi wakil Indonesia pada festival serupa tingkat internasional di Jerman," kata Man Jasad pada konferensi pers di Cafe The Panas Dalam, Jalan Ambon, Kota Bandung, Rabu, 10 Mei 2017. 

Kriteria penilaian, tutur Man Jasad, meliputi berbagai aspek, di antaranya performa, kemampuan berkomunikasi dengan penonton, serta memunyai wawasan luas perihal pergerakan scene underground di Indonesia.

Penentuan band terpilih bakal berlangsung sangat sulit, karena setiap band memunyai kualitas nyaris merata dalam segi musikalitas, maupun aksi panggung. "Siapapun yang terpilih mesti mampu memromosikan Indonesia di hadapan warga dunia untuk segala bidang, bukan sebatas gairah musik cadas," tutur Man Jasad. 

Sepuluh band metal yang masuk dalam putaran final tingkat nasional, yakni Beside (Bandung), kGerram (Palembang), Hellcrust (Jakarta), Koil (Bandung), Nectura (Bandung), Neurosick (Malang), New Day Is Over (Banjarbaru), Sufism (Bandung), Taring (Bandung), dan Trojan (Denpasar).

Deretan band tersebut telah melewati dua kali proses seleksi melalui mekanisme daring, dengan kriteria penilaian aransemen, produksi, dan aktivitas di sosial media.

Band Terpilih

Berdasarkan data penyelenggara, tercatat 238 band dari 59 kota yang mendaftar selama tahap registrasi, 1 Februari-17 April 2017. Tim juri melakukan seleksi tahap pertama dengan menentukan 30 band terpilih, kemudian menyaring lagi menjadi 10 band.

Proses seleksi sangat menguras konsentrasi tim juri yang berkomitmen memilih setiap band berdasarkan penilaian objektif. 

Agar tak salah pilih, Man Jasad mengaku, sampai perlu mendengarkan kiriman setiap peserta seleksi secara berulang-ulang. "Sebelum menentukan keputusan, saya pun menunaikan puasa, dan salat sunah. Semua pendaftar sungguh memunyai musikalitas dengan kualitas baik," ucap dia. 

Perwakilan dari Atap Promotions, Gio menyebutkan, terdapat dua cara untuk mendapatkan tiket, pre-sale, dan penjualan langsung di lokasi.Pemesanan tiket pre-sale, telah tersedia di www.djarumcoklat.com/wackenmetalbattleindonesia/ticket sampai 13 April 2017.

Untuk penjualan pre-sale, pihaknya menyediakan 1.000 tiket, dengan harga Rp 25.000. 

"Setelah mengakses laman tersebut, pemesan bakal menerima surat elektronik balasan yang menjadi bukti, tinggal menunjukkan kepada panitia saat waktu penyelenggaraan. Sementara itu, bagi yang tidak kebagian, bisa membeli tiket di lokasi dengan harga Rp 35.000," kata dia.

Penyelenggaraan acara, ucap Gio, berlangsung mulai pukul 10.00. Pihaknya memberikan hadiah merchandise official berupa bandana bagi 500 penonton yang paling cepat datang ke lokasi, sebelum pukul 10.00. 

Ajang kompetisi musik cadas yang pertama kali berlangsung di Indonesia itu terselenggara atas kerjasama DCDC, Atap Promotions, dan The Metal Rebel. Perwakilan DCDC, Danny Hartono bangga bisa mendapat kepercayaan mengelola ajang musik metal taraf internasional yang sangat bergengsi untuk skala Indonesia. 

"Kami memunyai kesamaan visi dengan panitia penyelenggara ("Wacken Metal Battle") tingkat internasional, di antaranya mewadahi pergerakan komunitas, memfasilitasi konektivitas jaringan, serta menyalurkan kiprah band yang menempuh jalur indie," kata Danny. (pikiranrakyat.com).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER