• Follow Us On : 
Gembira Ginting Resmi Dilantik Jadi Ketua DPC KOSWARI Karo Periode 2019 - 2024 Ketua DPD KOSWARI Propinsi Sumut, Drs., Ir., Husni Husin, MS., saat menyerahkan bendera petaka kepada Ketua DPC KOSWARI Kabupaten Karo, Gembira Ginting. Foto:KS

Dunia Pers

Gembira Ginting Resmi Dilantik Jadi Ketua DPC KOSWARI Karo Periode 2019 - 2024

Sabtu, 23 November 2019 - 14:25:53 WIB
Dibaca: 2073 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Gembira Ginting resmi memimpin Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Korps Senior Wartawan Republik Indonesia (KOSWARI) Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara untuk periode 2019-2024 yang dilantik oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KOSWARI Propinsi Sumatera Utara (Sumut), Drs., Ir., Husni Husin, MS., bertempat di Hotel Green Garden Berastagi, Kabupaten Karo, Jumat (22/11/2019).

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum DPP KOSWARI Prof. Drs. Dj. Siahaan SH., Wakil Bupati Kabupaten Karo Cory Sriwati Br Sebayang, Wakapolres Tanah Karo Hasian Panggabean, SH., MH., Danyonif 125/Si’mbisa Letkol Inf Anjuanda Pardosi, perwakilan Kajari Karo, tokoh masyarakat Karo sekaligus Penasehat KOSWARI Kabupaten Karo Drs. Joy Harlim Sinuhaji dan para undangan tamu lainnya.

Pantauan www.petunjuk7.com, acara pelantikan Ketua DPC KOSWARI Karo Gembira Ginting beserta seluruh pengurus ditandai dengan penyerahan pataka oleh Ketua DPD KOSWARI Sumut, Drs., Ir., Husni Husin, MS., yang didampingi oleh Sekretaris Drs. Jenedi Sihotang.

Untuk itu, Ketua DPD KOSWARI Sumut, Drs., Ir., Husni Husin, MS., dalam arahannya, menekankan, agar wartawan di Karo khususnya yang tergabung dalam wadah KOSWARI tetap menjadi wartawan yang profesional.

Selain itu, menurutnya, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, wartawan wajib berpegang pada Undang - undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

“Wartawan memiliki fungsi sebagai kontrol sosial. Wartawan dapat melakukan kritik, namun harus bersifat konstruktif. Disamping itu, wartawan dan pemerintah merupakan mitra. Silahkan mengkritik, namun berikan solusi. Kritik yang membangun akan meningkatkan kemajuan daerah itu,” jelas Husni.

Husni juga menekankan, wartawan wajib memahami dan mematuhi 11 (sebelas) kode etik jurnalistik.

"Agr bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya, yakni; mencari dan menyajikan informasi. Kode etik ini sebagai landasan moral. Wartawan wajib tahu kode etik. Salah satunya berisi, wartawan Indonesia harus bersikap Independen,” tegas Husni.

Senada Husni, Penasehat DPC KOSWARI Karo, Drs Joy Harlim Sinuhaji, menekankan, agar wartawan terus meningkatkan profesionalisme-nya.

Disamping itu, kedepannha, wartawan dituntut untuk mengikuti perkembangan jaman yang serba digital saat ini.

“Wartawan merupakan organisasi profesi. Tidak gampang menjadi seorang wartawan dan penulis. Saya selalu mengamati tulisan-tulisan para wartawan melalui media sosial. Masih banyak saya lihat tulisan yang amburadul, belum memahami Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), penempatan tanda baca, titik koma dan sebagainya,” ungkap Joy yang kerap disapa Nonink.

Sedangkan, Ketua DPC KOSWARI Kabupaten Karo, Gembira Ginting didampingi Sekretaris KOSWARI Kabupaten Karo, Pelita Monald Ginting S.,Pd., dan Bendahara KOSWARI Kabupaten Karo, Drs. Tambar Sembiring., SH., menyampaikan, bahwa KOSWARI sebagai kumpulan wartawan dari berbagai media massa, yang hadir di Karo guna bersinergi serta menjadi kontrol sosial bagi masyarakat dan pemerintah.

“Jangan hanya mengandalkan kartu Pers untuk menakut-nakuti pejabat dan masyarakat. Sudah tidak jamannya. Karena kita adalah mitra eksekutif, legislatif dan yudikatif serta masyarakat. Sebagai pilar ke-empat demokras. Kedepan KOSWARI dituntut untuk lebih profesional dan berimbang,” kata Gembira.

Wakil Bupati Karo Cory Sriwati Br Sebayang mengucapkaan selamat atas pelantikan pengurus DPC KOSWARI Karo.

Ia meminta agar para pengurus agar melaksanakan program kerja dengan baik serta penuh tanggung jawab.

“Tingkatkan kapasitas kelembagaan organisasi serta profesionalisme. Wartawan wajib melaksanakan fungsi hak dan kewajiban serta perannya sebagai jurnalis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai jurnalis, tentu ada hak dan kewajiban yang dilaksanakan dalam menjalankan tugas,” sebut Cory. (KS).






 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER