• Follow Us On : 
Gunung Sinabung Terlihat Aman, Tetapi Level Awas, Warga Dilarang Memasuki Zona Merah Forkopimcam memasang spanduk larangan memasuki ke zona merah di Danau Lau Kawar, Rabu (26/12/2018). Foto:KS

Gunung Sinabung Terlihat Aman, Tetapi Level Awas, Warga Dilarang Memasuki Zona Merah

Rabu, 26 Desember 2018 - 12:25:12 WIB
Dibaca: 2034 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Sudah lima (5) bulan gunung Sinabung tidak muncul erupsi atau pada level kondisi aman. Akan tetapi masih level awas!.

Namun, warga yang bermukim di seputaran gunung Sinabung tetap selalu waspada, apalagi di kawasan zona merah, khususnya wilayah Danau Lau Lawar

Demikian dikatakan Dansatgas Penanggulangan Gunung Sinabung di Kecamatan Simpang Empat dan Namanteran, Kapten Kav Julester Surbakti, Kapolsek Simpang Empat Iptu Dedi Ginting, Camat Naman Teran Dwikora Sitepu beserta jajaranya saat memasang spanduk pengumuman; "Dilarang Masuk ke Zona Merah," Rabu (26/12/2018) sekitar Pukul 11:10 WIB.

"Saya beritaukan kepada masyarakat agar jangan masuk ke zona merah, khususnya ke Danau Lau Kawar ini. Kalau ada nanti kami dapatkan lagi, warga yang berkunjung atau tamu ke danau ini, kalau kami nanti memberikan tindakan yang tegas  jangan kami disalahkan. Daripada kami nanti terus di salahkan. Lebih baik kami memberikan tindakan yang tegas kepada masyarakat yang terus membandel. Lagian ngapain liburan ke zona merah. Macam tidak ada lagi tempat wisata yang lain mau di kunjungi," imbau Kapten Kapten Kav Julester Surbakti kepada www.petunjuk7.com, Rabu (26/12/2018) usai memasang spanduk larangan memasuki kawasan zona merah.


Ditambahkan Julester, bagi warga seputaran zona merah supaya mematuhi imbauan yang sudah disampaikan tersebut.

"Marilah sama - sama kita menjaga atau melarang warga yang mau masuk ke zona merah. Kalau ada kalian nampak ada orang yang merobekkan atau menumbangkan papan larangan ini, tolong diberitahukan kepada kami. Karena plang ini sangatlah penting. Karena gunung Sinabung ini masih berstatus awas," sebutnya.

Ditempat terpisah Kepala Badan Penananggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karo Martin Sitepu saat diminta konfirmasinya terkait masalah ini kepada www.petunjuk7.com, Rabu (26/12/2018) mengharapkan, para warga atau tamu wisata yang masih memasuki ingin ke zona merah, supaya tidak lagi memasuki kawasan tersebut.

"Seluruh masyarakat jangan memasuki zona merah.Sesuai dengan rekomendasi dari Badan Vulkanologi. Karena Sinabung masih awas atau level 4.Berarti sesuai kajian mereka masih berpeluang bahaya. Kita harus menunggu keputusan dari Badan Vulkanologi. Jangan kita kira nanti gunung itu aman, tapi ternyata bisa bisa erupsi lagi. Karena kondisinya atau statusnya masih awas di level 4," tegas Martin. (KS).




 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER