• Follow Us On : 
Dua Fakultas di Universitas Islam Riau Bersertifikasi ISO 9001

Dua Fakultas di Universitas Islam Riau Bersertifikasi ISO 9001

Sabtu, 29 September 2018 - 14:51:12 WIB
Dibaca: 1667 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Saat ini terdapat Dua Fakultas di Universitas Islam Riau (UIR) yang bersertifikat ISO 9001: 2015, yakni Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Agama Islam (FAI).

Hal itu disampaikan Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi SH MCL dalam rapat senat terbuka UIR dalam rangka wisuda Diploma, Sarjana dan magister periode ke II tahun 2018, di Volly Indoor UIR, Sabtu (29/9/2018).

"Insya Allah dalam waktu dekat ini akan disusul Fisipol yang juga akan bersertifikasi ISO," kata Rektor.

ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

Lebih lanjut Rektor menjelaskan, dari bulan Juni hingga September 2018 terdapat Tujuh orang dosen tetap telah menyelesaikan program studi Doktornya.

"Pimpinan UIR beserta seluruh civitas akademika menyampaikan tahniah Kepada ke tujuh orang Doktor baru tersebut atas prestasinya meraih gelar Doktor, semoga darma baktinya untuk memajukan Prodi dan UIR ke depan akan semakin membanggakan kita semua," kata Dia.

Dengan demikian UIR hingga kini memiliki 11 orang Profesor, 101 orang dosen tetap berkualifikasi Doktor dan 104 orang dosen sedang melanjutkan studi ke strata Doktor (S3) baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Mudah-mudahan para dosen yang saat ini sedang melaksanakan tugas belajar baik di dalam maupun di luar negeri akan segera pulang dengan meraih gelar Doktor dan mengabdikan ilmunya di kampus kita tercinta Universitas Islam Riau," harap Rektor. 

Demikian juga dengan prestasi dari para guru Besar dan dosen dalam publikasi ilmiah yang diukur dengan sistem SINTA Kemristekdikt RI," Alhamdulillah per tanggal 19 September 2018 lalu UIR berada pada peringkat 98 nasional dengan Score 879," sebutnya.

Kepada 1.375 wisudawan yang dilepas hari ini, Rektor meminta agar bisa menjaga nama baik almamater ketika berada ditengah masyarakat. "Semoga ilmu yang diperoleh dibangku kuliah bisa memberi manfaat dalam membawa kehidupan yang lebih baik lagi, bagi alumni sekalian" pungkasnya. 

Melalui kesempatan itu Rektor juga mengajak semua pimpinan UIR, Fakultas dan Prodi  untuk terus bekerja keras, bekerja dengan penuh semangat untuk memajukan prodi masing-masing.

"Memajukan Fakultas dan memajukan Universitas untuk kita persembahkan kepada YLPI Riau dan seluruh masyarakat Indonesia serta dunia Internasional," ujarnya.

Sedangkan Kasi Kelembagaan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), Jamorin SH MH, menyampaikan bahwa pemerintah  secara terus menerus berupaya untuk meningkatkan angka partisipasi kasar, namun dengan keterbatasan sumber daya yang dimiliki, maka peran masyarakat  tetap diharapkan agar  angka partisipasi kasar Indonesia akan dapat sejajar atau bahkan lebih tinggi dari negara-negara Asean.   

"Dalam konteks ini,  diharapkan UIR  untuk terus meningkatkan peranya dengan mengembangkan program prodi yang diperlukan oleh masyarakat dan pada saat yang sama meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan akreditasi prodi dan institusi," kata Dia.

Namun demikian, disadari bahwa peningkatan kualitas pendidikan tinggi tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja tetapi diperlukan usaha bersama.  

"Oleh sebab itu mari kita satukan  langkah untuk  pendidikan tinggi pendidikan tinggi yang berkualitas  Kita mengajak pemerintah  daerah, BUMN, parlemen. LSM,  pers dan masyarakat untuk bergandeng tangan dan menyamakan langkah membantu mewujudkan pendidikan tiggi yang berkualitas," himbaunya. (Rij/MCR).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER