• Follow Us On : 
Siklon Dahlia Tidak Pengaruhi Perairan Sumbar, Ini yang Diwaspadai Ilustrasi.Foto:Republika.co

Siklon Dahlia Tidak Pengaruhi Perairan Sumbar, Ini yang Diwaspadai

Rabu, 06 Desember 2017 - 17:06:42 WIB
Dibaca: 1903 kali 
Loading...

Sumatera Barat -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Maritim (BMKGM) Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menyatakan siklon Dahlia sudah tidak memengaruhi gelombang laut perairan provinsi itu.

"Beberapa waktu lalu siklon Dahlia memang memengaruhi gelombang laut di Sumbar terutama di perairan Mentawai yang mengakibatkan tinggi gelombang laut mencapai tiga meter," kata Prakirawan BMKG Maritim Teluk Bayur, Yosyea Oktaviandra di Padang, Rabu (6/12).

Menurutnya, saat ini siklon Dahlia itu sudah musnah, meskipun begitu gelombang tinggi tiga hari ke depan masih berpotensi terjadi dengan ketinggian dua sampai tiga meter terjadi di wilayah Samudra Hindia Barat Perairan Kepulauan Mentawai, perairan Enggano-Bengkulu, dan Samudra Hindia Barat Bengkulu.

Ia menyebutkan ketinggian gelombang laut di perairan Kepualauan Mentawai-Padang mencapai 0,2 hingga dua meter, Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai 1,5 hingga 2,5 meter. Kemudian Samudra Hindia Barat Bengkulu 1,5 sampai 2,5 meter dan perairan Bengkulu 0,75 hingga dua meter. "Gelombang maksimum berpotensi terjadi dua kali lipat dari perkiraan tersebut," ujarnya.

Kemudian untuk kecepatan angin berkisar antara dua hingga 15 knot dari arah barat laut ke utara di Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai. Di perairan tersebut, lanjutnya gelombang tinggi juga berpotensi diiringi dengan berawan dan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Untuk itu ia mengingatkan kepada nelayan dan transportasi laut untuk berhati-hati ketika melaut karena sewaktu-waktu gelombang tinggi dan angin dapat berubah-ubah.

Sementara untuk di daratan, BMKG Ketaping Padangpariaman menyatakan potensi hujan masih terjadi tiga hari ke depan di beberapa wilayah Sumbar.

Kepala Seksi Observasi BMKG Ketaping Padangpariaman, Budi Samiadji menjelaskan masyarakat perlu mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat dapat disertai petir dan kilat pada malam-dini hari, di wilayah Kabupaten Pasaman, Pasaman Barat, Limapuluh Kota, Kota Payakumbuh, Bukittinggi, Padang panjang, Tanah datar, Sijunjung, Sawahlunto, Solok, Kabupaten Solok, Dharmasraya, dan Solok Selatan.

Sumber:Republika.co





Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER