MENU TUTUP
Bumi Turang

Kapolres Tanah Karo: Kita Akan Menindak Tegas Siapapun yang Bertindak Radikalisme

Selasa, 22 Desember 2020 | 18:36:24 WIB Dibaca : 2116 Kali
Kapolres Tanah Karo: Kita Akan Menindak Tegas Siapapun yang Bertindak Radikalisme Kapolres Tanah Karo, AKBP Yustinus Setyo, SH., SIK. Foto: KS
Loading...

Petunjuk7.com - "Dalam situasi pandemi yang berkepanjangan saat ini, hendaknya kita hidup dengan situasi aman dan damai. Cukuplah kita dipusingkan memikirkan situasi ekonomi yang semakin sulit ini. Jangan lagi kita dibebani dengan hal - hal yang sifatnya merusak kedamaian di negeri ini. Pemerintah sudah cukup capek memikirkan pandemi Covid-19. Dana yang dikucurkan untuk menanggulangi virus ini sudah begitu banyak, semua anggaran telah dikucurkan untuk memutus mata rantai Covid-19," sebut Kapolres Tanah Karo, AKBP Yustinus Setyo, SH., SIK  saat berbincang dengan awak media ini, Selasa (22/12/2020) siang di ruang kerjanya yang terletak di Jalan Veteran, Kabanjahe.

AKBP Yustinus Setyo melanjutkan, bahwa berita tentang dilarang berkumpul dimasa pandemi santer terdengar di tengah publik.

"Kita lihat sekarang ini banyak pemberitaan di masa pandemi bahwa kita dilarang berkumpul, berkerumun tapi masih saja ada yang melakukan demo - demo demi seseorang atau satu kelompok dengan membawa issu agama. Akibatnya dapat dipastikan yang tertular virus Covid -19 semakin banyak dan semakin tak terkendali," tuturnya.

Untuk itu, sambungya, sebagai warga negara yang baik dan sebagai aparat (TNI/Polri ) akan menindak tegas bila ada yang mengancam keamanan negara republik ini khususnya di Kabupaten Karo.

"Kita akan menindak tegas siapapun yang bertindak radikalisme. Karena apapun dan siapapun dibelakangnya ,  negara tidak boleh kalah oleh satu kelompok atau golongan yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," tegas Kapolres Tanah Karo ini.

"Mengapa organisasi ini besar, karena membawa - bawa suatu agama. Padahal sudah jelas agama berpedoman kepada satu Alkitab, kalau Islam mereka berpedoman kepada kitab suci Alquran. Maka kitab suci itu apabila jatuh ketangan orang yang benar, maka dia akan membawa kemaslahatan bagi masyarakat banyak. Namun bila jatuh ke tangan orang jahat, maka dia akan menghancurkan suatu kaum bahkan bangsa," ungkapnya.

Kapolres Tanah Karo yang beragama Katolik ini menegaskan bahwa di Tanah Karo hingga saat ini masih kondusif, aman dan terkendali.

"Karena masyarakatnya sangat memegang teguh adat dan budaya Karo. Masyarakat Karo saling menghargai walaupun berbeda agama, berbeda suku tapi ada semacam pepatah yang mereka pegang dan yakini yakni; 'rakut sitelu, tutur siwalu, sepuluh dua tambah sada.' Yang secara garis besarnya dapat diartikan bahwa, masyarakat Karo tidak memandang perbedaan. Pendatang yang datang akan mereka rangkul dijadikan saudara," papar AKBP Yustinus Setyo.

"Jadi dapat dipastikan paham radikalisme tidak akan bisa berkembang di Tanah Karo. Dan sampai saat ini hal demikian tidak pernah ada. Bila ada gejala - gejala kearah sana, maka kita tidak akan segan -segan untuk menindak dan membasminya. Karena paham radikalisme mengancam sendi - sendi kehidupan bernegara," tutupnya. (KS)


Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

2

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

3

Siswa/i SMA Negeri I Kabanjahe 23 Orang Lulus Jalur Seleksi (SNBP) TP 2023/2024

4

Turis Asing Asal Perancis Berhasil Dievakuasi TIM Gabungan, Kuat Dugaan Diserang Oleh OTK, Kasusnya Sedang Diselidiki Polres Tanah Karo

5

Cek Pos Tugu Juang Berastagi, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Effendi: Saya menekankan pentingnya penerapan tindakan Preventif, Represif, dan Penegakan Hukum