MENU TUTUP

Tiga Dosen Universitas Lancang Kuning Ubah Limbah Botol Plastik Jadi Rupiah

Ahad, 30 Desember 2018 | 17:16:40 WIB Dibaca : 1522 Kali
Tiga Dosen Universitas Lancang Kuning Ubah Limbah Botol Plastik Jadi Rupiah Foto:MC Riau
Loading...

Petunjuk7.com - Sampah botol plastik yang banyak ditemukan di tempat sampah dan pinggir jalan menjadi salah satu persoalan di sejumlah kota besar, termasuk di Pekanbaru, karena sangat sulit hancur secara alamiah, dan botol plastik dianggap tidak memiliki nilai.

Namun ditangan tiga (3) Dosen Universitas Lancang Kuning (Unilak) yakni; Ir. Surtinah, MP, Dra.Seprita Lidar, MSi dan Trisia Wulantika, SP., MP., secara jeli melihat peluang kreatif, bisnis dan memiliki nilai jual tinggi dari limbah botol plastik bila di daur ulang.

Dengan menggandeng kelompok remaja yang ada di lingkungan kampus Unilak, tiga dosen ini melakukan pengabdian masyarakat untuk membantu para remaja agar memiliki peluang berwirausaha yang dilakukan Sabtu (29/12/2018).

Mereka memberikan pelatihan melalui program  pengabdian kepada masyarakat yang berjudul daur ulang botol plastik air mineral menjadi bunga imitasi, bros baju, yang memiliki nilai jual tinggi pada kelompok remaja di lingkungan kampus Unilak. 
 
Menurut salah satu dosen Surtinah, mengatakan, sampah merupakan barang yang dianggap tidak berguna lagi yang berasal dari hasil kegiatan manusia berupa bahan organik maupun anorganik yang dapat terurai maupun yang tak dapat terurai. 

Sampah anorganik yang banyak ditemui saat ini khususnya di lingkungan kampus adalah sampah botol plastik, kegiatan daur ulang merupakan salah satu bentuk pengelolaan sampah. 

Padahal pengelolaan sampah yang dilakukan secara baik akan dapat menciptakan dampak komersil sehingga dapat menjadi suatu usaha yang menguntungkan.

"Harga Brossnya kita jual 5000 sangat cocok untuk souvenir pernikahan, sedangkan bunga imitasinya 1 rangkaian untuk ucapan selamat wisuda atau yang lainnya dijual Rp. 50.000. Dengan banyaknya limbah botol plastik, jika terus di pasarkan dan dikembangkan maka para remaja tadi bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan memiliki wirausaha. Pemasarannya bisa dilakukan saat pameran,bazar maupun acara wisuda," ujar Surtinah, Ahad (30/12/2018).

Surtinah berharap dari kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada kelompok remaja untuk dapat berwirausaha, mengajukan usulan proposal PKM (program kreativitas mahasiswa) dan lain lain.

"Tujuan akhirnya tentu kita berharap kelompok remaja yang kita bina ini bisa terus termotivasi untuk memanfaatkan sampah sebagai bahan dasar untuk di daur ulang yang tentunya akan mencegah mereka dari pelilaku negatif dan bahkan mampu menghasilkan rupiah dari sampah plastik ini," pungkasnya. (Rij/MCR).

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Klinik Pratama Kelsina Kasih Berastagi Jalani Survei Akreditasi dari komite akreditasi kesehatan pratama dan Pelayanan Kesehatan Paripurna

2

Deklarasi Berastagi Pemuka dan Pemerhati Masyarakat Karo Gerakan Karo Erdilo Brigjen Pol Purn Dr dr Antonius Ginting SP.OG, M.Kes 

3

Komsos Dengan Warga, Babinsa Koramil 05/PY Juga Rutin Pantau Wilayah Binaan

4

Demi Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Koramil 09/LB melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

5

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif