MENU TUTUP

Prabowo Subianto Ajak Masyarakat Wujudkan Swasembaga Pangan, Air, Energi

Ahad, 28 Oktober 2018 | 20:27:20 WIB Dibaca : 1365 Kali
Prabowo Subianto Ajak Masyarakat Wujudkan Swasembaga Pangan, Air, Energi Foto:Antaranews.
Loading...

Petunjuk7.com - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, menghadiri rangkaian deklarasi Relawan Rhoma Irama for Prabowo-Sandi (PAS), di markas Soneta, Jalan Tole Iskandar, Depok, Jawa Barat pada Minggu.

Dalam kesempatan itu, Prabowo mengajak masyarakat untuk mewujudkan swasembada pangan, energi, dan air sebagai wujud Indonesia berdiri di atas kaki sendiri.

"Kita harus swasembada pangan, beras harus tersedia, pangan harus terjangkau dan kami yakin mampu," kata Prabowo dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu.

Dia menilai Indonesia harus swasembaga pangan sehingga kita tidak perlu lagi impor makanan, karena akan menghancurkan kita sendiri, petani dalam negeri.

Prabowo mengatakan, Indonesia harus swasembada energi bahan bakar karena saat ini yang tersedia adalah hasil impor yang akan menggerus keuangan negara.

"Hari ini kita impor lebih dari 1 juta barel lebih setiap hari kalau sekarang harga BBM 80 dolar Amerika Serikat perbarel, dan diperkirakan akan naik. Berarti 80 juta dolar Amerika Serikat lebih dalam sepuluh hari, dan setiap bulan mencapai 3 miliar dolar Amerika Serikat lebih," ujarnya.

Menurut dia, Indonesia yang dianugerahi lahan subur dan luas, seharusnya bisa dimanfaatkan dengan menanam jenis tanaman yang bisa menghasilkan energi bahan bakar.

Dia mengatakan Indonesia punya 80 juta Hektare yang sudah rusak dan bisa dimanfaatkan dengan menanam yang bisa menghasilkan bahan bakar, seperti singkong, aren, jarak.

"Bayangkan kalau hutan yang rusak kita tanam singkong, aren dan jarak yang bisa dikonversi menjadi ethanol kita tidak usah impor. Dan kalau kita tanam 20 juta Hektare itu berapa orang yang dapat bekerja," katanya.

Selain itu Prabowo menegaskan bahwa Indonesia harus swasembada air karena air bersih dari tanah Indonesia harus dibeli oleh rakyatnya sendiri.

Dia berharap terkait persoalan air jangan dianggap ringan karena dirinya baru bertemu pakar-pakar air terbaik dunia dan PBB mengatakan 2025 dunia akan krisis air. 

Dia mencontohkan di Ibukota Jakarta, sudah banyak masyarakat yang beli air untuk kebetuhannya.

Sumber:Antaranews.com 

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

2

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

3

Siswa/i SMA Negeri I Kabanjahe 23 Orang Lulus Jalur Seleksi (SNBP) TP 2023/2024

4

Turis Asing Asal Perancis Berhasil Dievakuasi TIM Gabungan, Kuat Dugaan Diserang Oleh OTK, Kasusnya Sedang Diselidiki Polres Tanah Karo

5

Cek Pos Tugu Juang Berastagi, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Effendi: Saya menekankan pentingnya penerapan tindakan Preventif, Represif, dan Penegakan Hukum