MENU TUTUP

Pantai Puak Dumai Ditetapkan Jadi Kawasan Wisata

Jumat, 13 Juli 2018 | 23:28:36 WIB Dibaca : 2019 Kali
Pantai Puak Dumai Ditetapkan Jadi Kawasan Wisata Foto:MC Riau
Loading...

Petunjuk7.com - Wali Kota Dumai Zulkifli As lakukan peletakan batu pertama dan launching penetapan kawasan wisata Pantai Puak Teluk Makmur sebagai kawasan wisata berbasis budaya melayu, Jumat.

Penetapan pantai puak sebagai kawasan wisata bertujuan untuk memacu perkembangan kepariwisataan dan menciptakan lokasi kunjungan rekreasi dan tempat hiburan keluarga.

"Pemerintah ingin memajukan sektor pariwisata, salah satunya dengan menetapkan pantai puak di kelurahan teluk makmur ini sebagai kawasan wisata agar lebih diminati masyarakat," kata Wali Kota Zulkifli As.

Disebutkan, penetapan kawasan Pantai Puak Teluk Makmur ini merupakan satu program prioritas pengembangan kepariwisataan karena pemerintah juga gencarkan sektor wisata.

Potensi Pantai Puak dijadikan lokasi wisata sejauh ini diakui dia mulai bagus, ditandai dengan banyaknya tingkat kunjungan wisatawan lokal dan dampak ekonomi bagi masyarakat tempatan.

"Kemajuan wisata juga bisa menyerap tenaga kerja dan menjadi penyumbang pendapatan asli daerah, karena itu secara bertahap objek wisata akan dikembangkan," sebutnya.

Lokasi kawasan pantai puak ini direncanakan juga wisata religi dengan pembangunan masjid apung dan wisata agro bisnis untuk peningkatan perekonomian masyarakat melalui hasil pertanian dan produk kerajinan lokal.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Dumai Fauzi Efrizal menyebutkan, pantai puak satu objek wisata sudah ditetapkan jadi kawasan wisata unggulan dikembangkan untuk pilihan masyarakat.

Pantai Puak sudah ditetapkan menambah PAD Kota Dumai Rp30 juta setahun dari retribusi parkir dan pas masuk dikelola masyarakat setempat, dan tahun 2018 ini mendapat bantuan dana alokasi khusus sebesar Rp1,1 miliar untuk pengembangan.

"Kunjungan masyarakat ke pantai puak ini mencapai 42 ribu selama lebaran kemarin, dan potensi objek wisata kedepan akan kita tingkatkan dengan dukungan pendanaan pemerintah pusat," katanya. (FG/MCR)

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Baiturrahiim Gongsol Kecamatan Merdeka di Hadiri Anak Penghapal Qur'an 30 Juz

2

Kapolsek AKP Dedy Ginting Sambangi SMAN 1 Simpang Empat, Sekaligus Rekrutmen Calon Polri Tahun 2024

3

Pastikan Aman dari PMK Jelang Lebaran, Babinsa Koramil 02/Tigapanah Cek Langsung Pasar Hewan

4

Kondisi Jalan Di Kota Berastagi Memprihatinkan, Kominfo Leonardo Surbakti: Perbaikan Jalan Tersebut Sudah Terjadwal

5

Danrem 023/KS tutup TMMD ke-119," Sekaligus menyerahkan Mesin Pemipil dan Pengering Jagung serta Sembako kepada Masyarakat