MENU TUTUP

Titik Panas, Hutan di Aceh Mulai Kering

Sabtu, 14 April 2018 | 14:42:02 WIB Dibaca : 2038 Kali
Titik Panas, Hutan di Aceh Mulai Kering Ilustrasi. Foto: Pixabay.com
Loading...

Petunjuk7.com - Pejabat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, menyatakan hutan dan lahan, terutama yang bergambut dewasa ini mulai mengering pada sebagian wilayah di Aceh.

"Hadirnya titik panas otomatis memberi tanda, bahwa hutan di Aceh mulai kering," jelas Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Aceh, Zakaria Ahmad di Aceh Besar, Sabtu (14/4).

Menurutnya, hujan yang turun di berbagai kabupaten/kota di provinsi paling ujung Utara di Sumatera dalam beberapa pekan terakhir dengan curah ringan dan sedang, merupakan hujan Equatorial.

Hujan Equatorial tidak dialami oleh semua provinsi di Indonesia, melainkan cuma dialami beberapa daerah termasuk di Aceh dilintasi matahari, seperti wilayah laut atau perairan, dan daratan, sehingga memberi dampak tersebut.

"Fenomena Equatorial, sudah berlalu. Kini di Aceh, kita prediksi curah hujan semakin berkurang di sejumlah wilayah. Maka yang muncul titik panas," katanya.

Seperti diketahui, lima titik panas di Aceh muncul dalam dua hari berturut-turut, yakni Selasa (10/4) sore, dan Rabu (11/4) pagi, hasil pendeteksian lewat sensor modis yang terpasang di satelit.

Kelima titik panas itu, terpantau terdapat dua kabupaten di Aceh. Keempat titik panas, di antaranya di daerah dataran tinggi, yakni Bener Meriah dan satu titik panas lagi di Aceh Utara.

"Kami imbau bagi warga setempat agar selalu berhati-hati dengan api, baik di rumah atau di pekarangan. Begitu juga masyarakat ingin membuka lahan, tidak membakar," tegas Zakaria.

Dilaporkan, telah terjadi kebakaran lahan kosong yang tidak terawat dan tidak ditanami milik salah seorang warga setempat Salman di Desa Kebon Baro, Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara, Rabu, (11/4).

Informasi masyarakat di sekitar pukul 15.15 WIB, tiba tiba api muncul dengan cepat membakar dan menjalar ke semak belukar termasuk onggokan sampah, dan dedaunan kering yang kemudian api cepat membesar akibat hembusan angin.

Sekitar Pukul 16:00 WIB, terdapat dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh, tiba dilokasi dan bersama masyarakat setempat langsung berupaya memadamkan api di semak belukar.

"Pukul 16: 15 WIB, api dapat dipadamkan, dan tidak sempat menjalar ke pemukiman masyarakat," kata Narul, warga setempat.

Sumber:Antaraaceh.com


Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kapolsek AKP Dedy Ginting Sambangi SMAN 1 Simpang Empat, Sekaligus Rekrutmen Calon Polri Tahun 2024

2

Pastikan Aman dari PMK Jelang Lebaran, Babinsa Koramil 02/Tigapanah Cek Langsung Pasar Hewan

3

Kondisi Jalan Di Kota Berastagi Memprihatinkan, Kominfo Leonardo Surbakti: Perbaikan Jalan Tersebut Sudah Terjadwal

4

Danrem 023/KS tutup TMMD ke-119," Sekaligus menyerahkan Mesin Pemipil dan Pengering Jagung serta Sembako kepada Masyarakat

5

Hadiri Penutupan TMMD Ke-119, Bupati Karo Cory S Sebayang: Kegiatan pembangunan yang dilandasi semangat saling asah, saling asih dan saling asuh