MENU TUTUP

BPBD: Dua Desa Diterjang Lahar Dingin Gunung Sinabung

Jumat, 23 Februari 2018 | 19:13:55 WIB Dibaca : 1915 Kali
BPBD: Dua Desa Diterjang Lahar Dingin Gunung Sinabung Kondisi akibat lahar dingin di Kabupaten Karo. Foto:Analisadaily.com
Loading...

Petunjuk7.com - Pasca erupsi Gunung Sinabung beberapa waktu lalu, dua desa di Kabupaten Karo diterjang banjir lahar dingin seperti di Desa Sigarang-garang Kecamatan Naman Teran dan Desa Perbaji di Kecamatan Tiganderket.

Dari informasi yang diperoleh bahwa banjir lahar dingin yang terjadi di Desa Sigarang-garang terjadi pada Rabu (21/2) sekitar pukul 21.00 WIB. Sementara di Desa Perbaji banjir lahar dingin terjadi pada Kamis (22/2) sekitar Pukul 14.30 WIB.

"Satu rumah warga diterjang banjir sehingga rumah tersebut terbawa lahar dingin di Desa Sigarang-garang. Tapi, tidak korban jiwa dalam peristiwa itu," kata Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Peranginangin kepada Analisadaily.com, Jumat (23/2).

Natanail mengungkapkan bahwa pada saat banjir lahar dingin tersebut terjadi di Desa Sigarang-garang kondisi rumah sudah memang kosong karena itu zona merah.

"Kalau di Desa Sigarang-garang itu memang zona merah," ungkapnya.

Sementara, banjir lahar dingin yang terjadi di Desa Perbaji memutuskan akses jalan di desa tersebut.

"Di Perbaji sekarang ini sudah dinormalisasikan jalurnya oleh petugas gabungan. Jika, sewaktu lahar dingin terjadi lagi tidak ada material-material yang menghalanginya serta biar tidak meluap lagi ke rumah-rumah warga," tambah Natanail.

Saat ini personel TNI dan BPBD Karo masih melakukan penjagaan di seputaran zona merah. Aliran lahar dingin juga sudah berangsur berkurang. Petugas juga melarang keras warga untuk masuk ke kawasan zona merah yang telah ditentukan.

"Petugas sudah memberikan larangan tegas kepada masyarakat untuk tidak masuk ke kawasan zona merah. Imbauan kita tetap sama yaitu waspadai zona yang dialiri lahar dingin," pungkas Natanail.

Sumber:Analisadaily.com


Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Komsos Dengan Warga, Babinsa Koramil 05/PY Juga Rutin Pantau Wilayah Binaan

2

Demi Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Koramil 09/LB melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

3

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

4

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

5

Warga Tanjung Balai Ditangkap Satresnarkoba Polres Tanah Karo di Kampung Dalam Kabanjahe Karena Si Putih