• Follow Us On : 
Kajari Karo Berikan Sosialisasi Hukum Dan Sadar Hukum Di SMK Negeri Merdeka, Darwis Burhansyah SH.MH: Edukasi hukum merupakan pondasi utama  Sosialisasi Hukum Dan Sadar Hukum Di SMK Negeri Merdeka Kabupaten Karo

Kajari Karo Berikan Sosialisasi Hukum Dan Sadar Hukum Di SMK Negeri Merdeka, Darwis Burhansyah SH.MH: Edukasi hukum merupakan pondasi utama 

Rabu, 19 Juni 2024 - 17:47:25 WIB
Dibaca: 424 kali 
Loading...

Petunjuk7.com, KARO [ SMK Negeri Merdeka menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang inspiratif, “Jaksa Masuk Sekolah,” pada hari Rabu, 19/6/2024. Bertempat di Lapangan SMK Jalan Pendidikan Desa Gongsol Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo, acara ini berlangsung dengan penuh antusiasme.

Tim dari Kejaksaan Negeri Karo, yang terdiri dari para profesional hukum seperti Kasubsi A Intelijen Kejaksaan Negeri Karo Andrew Damara Bais, S.H, Kasubsi B Intelijen Halfeus Hangoluan Samosir, S.H, Jaksa Fungsional Michael Tommy Napitupulu, S.H dan Zakia Ultari Ginting, S.H dan Staff Intelijen (Maria Natalia Pangaribuan,S.H dan Frans Heykel Bangun, hadir untuk memberikan wawasan berharga , Kajari Karo Darwis Burhansyah SH.MH melalui narasumber kunci, mengedukasi siswa tentang pentingnya memahami hukum dan cara menghindari pelanggaran hukum.

Lebih lanjut narasumber menjelaskan bahwa memahami hukum dan menghindari pelanggaran hukum bagi siswa melibatkan beberapa langkah penting. Pertama, edukasi hukum merupakan pondasi utama di mana siswa harus memperoleh pengetahuan dasar tentang hukum dan peraturan yang berlaku di lingkungan mereka, baik di sekolah, masyarakat, maupun negara. 

Ini dapat diperoleh melalui pelajaran di kelas, seminar, atau kegiatan Jaksa Masuk Sekolah. Selanjutnya, pemahaman konsekuensi juga penting, di mana siswa perlu menyadari sanksi sosial, akademik, maupun hukuman hukum yang mungkin mereka terima sebagai akibat dari pelanggaran hukum. Dengan memahami dan mempertimbangkan konsekuensi ini sebelum bertindak, siswa dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana.

Kepala SMKN Merdeka, Bina Bangun,, dalam sambutannya, menyoroti pentingnya memanfaatkan fasilitas pendidikan yang disediakan sekolah untuk kemajuan siswa. Beliau menyerukan kepada siswa untuk menggunakan fasilitas ini secara bijak dan menjauhi masalah hukum.

“Jaksa Masuk Sekolah” adalah inisiatif pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kurikulum, bertujuan untuk mengembangkan siswa yang tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga sadar hukum dan bertanggung jawab sosial.

Program ini bertujuan untuk menanamkan apresiasi terhadap nilai keadilan dan mendorong siswa menjadi generasi muda yang berkontribusi positif terhadap masyarakat. Ini juga menyediakan platform interaktif bagi siswa untuk berdialog dan memperoleh pemahaman langsung dari ahli hukum, mempersiapkan mereka untuk menghadapi dunia hukum di masa depan.

SMK Negeri Merdeka berharap bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak yang signifikan dan menjadi bagian dari upaya berkelanjutan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pertumbuhan holistik siswa.

Amatan wartawan, Jaksa Masuk Sekolah disambut baik oleh para pelajar, para pelajar nampak antusias dan aktif menjawab pertanyaan dari narasumber seputar permasalahan hukum yang ada di sekitarnya terutama mengenai school bullying di kalangan pelajar dan bahaya Narkotika.

Adapun maksud diadakan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran hukum generasi muda khususnya para pelajar, dengan memperkenalkan hukum seiak dini diharapkan para pelajar melek akan hukum, dan dapat terhindar dari hukuman.

 

Laporan : Surbakti 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER