• Follow Us On : 
Kadis Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga Serta Pariwisata Karo Ikuti PKN 2 di Magelang Untuk Meningkatkan PAD Kadis Pariwisata Munarta Ginting ketika foto bersama dengan tamu undangan lainnya

Kadis Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga Serta Pariwisata Karo Ikuti PKN 2 di Magelang Untuk Meningkatkan PAD

Rabu, 24 Mei 2023 - 09:11:49 WIB
Dibaca: 1245 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Kabupaten Magelang , Jawa Tengah, dianggap sukses meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di sektor pariwisata. Dasar ini menjadi salah satu rujukan bagi Pemprov Sumut untuk berkunjung dan berbagi ilmu dengan Pemerintah Kabupaten Magelang.

Kunjungan tersebut difasilitasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumut. Di mana bertujuan ingin membekali pejabat eselon II di lingkupnya serta beberapa kabupaten dan kota.

Tak hanya itu, kunjungan dimaksud pun tentang bagaimana supaya para eselon II tersebut punya kompetensi kepemimpinan terhadap instansi yang mereka pimpin saat ini.

Adapun peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Kelompok IX/2023 yang ikut visitasi itu antara lain Ilyas S Sitorus (Kadiskominfo Sumut), Haidir selaku Kepala Balai Besar TNKS KLHK, Parlindungan Pane selaku Kadis PMD dan Dukcapil Sumut, Benny Sinomba selaku Kepala Bapenda Kota Medan, Baginda Siregar selaku Kadis Dukcapil Kota Medan, Subehi selaku Kadis Kominfo Kota Metro, Tiarli selaku Kadis Dukcapil Kabupaten Simalungun, Teddy selaku Kepala Bapenda Labura, Sofie M. Saragih selaku Kadis PTSP Kota P Siantar, Maruli Tambunan selaku Kadis UMKM Simalungun, Said Effendi selaku Kadishub Dumai, Syahruddin selaku Kepala Bapenda Bengkalis, dr Janri selaku Dirut RSUD Tarutung, Tapanuli Utara, Munarta Ginting selaku Kadis Budporapar Karo, dan Djamahaen Purba selaki Kadis Perkim Simalungun.

Rombongan diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto di Kantor Bupati Magelang, Jalan Soekarno Hatta Nomor 59 Kota Mugkid Magelang, Selasa (23/5).

Turut hadir Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Magelang, Andi Gunawan, Kabid Pengembangan Kompetensi Teknis Inti BPSDM Sumut, Gadis Melani Rusli, juga Widyaiswara BPSDM Sumut, Jumsadi Damanik dan Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga Kabupaten Karo Munarta Ginting. 

Menurut Kepala BPSDM Sumut Aprilla Siregar diwakili Gadis Melani Rusli mengatakan, melalui visitasi ini para peserta akan diajak untuk memahami pola pikir dan inovasi Pemkab Magelang, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Melalui kunjungan ini, diharapkan para peserta mendapat pengalaman baru yang memiliki daya ungkit bagi peningkatan kompetensinya, terutama dalam memberikan layanan publik dan peningkatan kinerja organisasi dimana dia bekerja,” katanya.

Tema utama yang diangkat dalam visitasi ini adalah mewujudkan reformasi birokrasi yang berorientasi pada peningkatan investasi di sektor pariwisata. Tema ini dipilih mengingat kesuksesan Pemkab Magelang yang berhasil menjadikan sektor tersebut menjadi sumber pendapatan andalan daerah.

“Kita harus banyak belajar dari bapak ibu Pemerintah Kabupaten Magelang,” imbuh Gadis Melani

Sekdakab Magelang, Adi Waryanto, menyambut hangat kunjungan tersebut. Dalam sambutannya, Adi Waryanto mengucapkan selamat datang dan mengungkapkan rasa bangga telah memilih Kabupaten Magelang sebagai tujuan visitasi kali ini.

“Satu kehormatan bagi kami karena menjadi tujuan visitasi diklat kepemimpinan tingkat dua ini,” ungkapnya sambil menjelaskan profil singkat daerah tersebut.

Terkait pengembangan wisata, Adi Waryanto menjelaskan seluruh potensi pariwisata alam, religi, edukasi seni dan budaya hingga kuliner, telah dikelompokkan dalam empat Kawasan Strategis Pariwisata, yang dikelola agar mampu meningkatkan PAD terutama kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

“Blueprint sasaran pengembangan wisata di Kabupaten Magelang adalah untuk menyejahterahkan masyarakat setempat. Melalui pemberdayaan sosial ekonomi komunitas, serta meletakkan nilai lebih lokasi wisata itu,” urainya.

Sementara Andi Gunawan menambahkan, strategi pengembangan sektor pariwisata di daerah mereka antara soal produk wisata, peningkatan infrastruktur, promosi dan pemasaran, peningkatan kualitas layanan, wisatawan, pengembangan kemitraan, pemberdayaan masyarakat lokal hingga penatakelolaan destinasi.

Mewakili peserta visitasi, Ilyas Sitorus, mengapresiasi berbagai inovasi sektor kepariwisataan yang telah dikembangkan Pemkab Magelang khususnya Pemkab Karo. 

Menurutnya, dengan berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar destinasi wisata, Pemkab Magelang telah berhasil mengembangkan wisata melalui pemberdayaan masyarakat.

“Kami melihat dengan orientasi menyejahterahkan masyarakat, menjadi motivasi kuat bagi Pemkab Magelang dalam mengembangkan pariwisata. Karena sektor itu yang paling dekat dengan masyarakat. Kita tentu salut dan apresiasi,” ucapnya.

 

Laporan : Surbakti 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER