• Follow Us On : 
Jalan Desa Jinabun Tertimbun Longsor, Lalin Terputus , Danramil 05/PY : Tetap Waspada terhadap Curah Hujan Tinggi Jalan ke Desa Jinabun Kecamatan Kutabuluh Kabupaten Karo yang tertimbun longsor

Jalan Desa Jinabun Tertimbun Longsor, Lalin Terputus , Danramil 05/PY : Tetap Waspada terhadap Curah Hujan Tinggi

Rabu, 01 Februari 2023 - 11:35:13 WIB
Dibaca: 553 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Jalan ke Desa Jinabun Kecamatan Kutabuluh Kabupaten Karo pada hari Rabu 1/2/2023 telah terjadi longor dan jalan ke desa tersebut putus akibat tertimbun material longsor sekitar pukul 07.00 Wib.

Komandan Kodim 0205/TK Letkol Inf Benny Angga melalui Danramil 05/PY Lettu Inf M Sembiring mendapati panggilan dari masyarakat Desa Jinabun , lantaran warga resah akibat adanya longsor yang menutupi seluruh badan jalan.

Lettu Inf M Sembiring menjelaskan longsor yang mengakibatkan terganggunya mobilitas warga itu diakibatkan oleh hujan deras sedari siang semalam , tanah yang cenderung bertekstur lempung tidak kuat menahan derasnya air hujan dan aliran air yang mengikis tanah karena terletak pada jalan turunan.

"Longsoran terjadi akibat hujan deras dari siang dan pondasi tidak kuat menahan tanah," jelasnya kepada wartawan. Hal itu diduga kuat karena tidak adanya pohon sebagai penyangga untuk tanah yang berada dalam posisi vertikal.

Untungnya, material longsor setinggi dua meter tidak menyebabkan adanya korban jiwa. Selain itu tidak ada pula kerugiaan materiil yang disebabkan. Namun, tetap saja dengan tertutupnya keseluruhan jalan dengan lebar sekitar 2,5 meter itu masyarakat merasa resah karena jalan tak bisa melintas. 

Untuk diketahui, Kecamatan Kutabuluh khususnya Desa Jinabun memang termasuk dalam catatan kita sebagai salah satu kawasan kecamatan yang rawan akan bencana, utamanya yakni longsor karena jalan ke Desa tersebut sangat tanjak dan tebingnya pun sangat tinggi .

Hingga kini, masyarakat setempat dengan personel nya , melakukan pembersihan jalan yang diakibatkan longsoran tersebut.

Dalam kondisi seperti ini, masyarakat memang sangat perlu waspada dengan intensitas hujan lebat yang kadang disertai angin. Karena hal itu dapat mengakibatkan berbagai bencana, seperti saja longsor .

Untuk itu Pemkab Karo khususnya TNI Polri serius menanggulangi adanya bencana, segala upaya diturunkan agar masyarakat dapat beraktivitas dengan tenang dan jauh dari marabahaya.

Salah satunya yakni seperti dengan adanya nomor darurat yang gencar dipublikasikan. Hal ini dilakukan supaya masyarakat dapat mendapatkan pelayanan cepat dan tanggap saat berada dalam keadaan darurat.

Jadi untuk saat ini kita masih menunggu alat berat yang menuju ke Desa Jinabun untuk melakukan pembersihan material ini ," ucap Danramil 

 

Laporan : Sekilap 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER