• Follow Us On : 
Untuk Mengantisipasi Penyebaran PMK, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Cek Kesehatan Hewan

Untuk Mengantisipasi Penyebaran PMK, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Cek Kesehatan Hewan

Selasa, 09 Agustus 2022 - 18:23:59 WIB
Dibaca: 675 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Upaya mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak, Babinsa Koramil jajaran Kodim 0205/TK melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak milik warga di wilayah se- Kabupaten Karo wilayah teritorial Kodim 0205/TK, Senin (09/08/2022).

Kegiatan pemeriksaan hewan ternak warga dilakukan untuk mengetahui kesehatan bagi hewan ternak. Adanya kasus penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak saat ini seperti sapi, kerbau, kambing dan domba. Kegiatan pemeriksaan ini sebagai langkah pemantauan dan pengawasan.

 Dandim 0205/TK Letkol Inf Benny Angga mengatakan kegiatan pengecekan hewan ternak yang dilakukan Babinsa sebagai langkah antisipasi dan deteksi dini terhadap penyakit mulut dan kuku terhadap hewan ternak.

 "Kita kerahkan para Babinsa diseluruh wilayah Teritorial Kodim 0205/TK untuk turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan," terangnya.

 Dandim menjelaskan, tujuan untuk mencegah virus PMK dengan melihat langsung hewan peternak dengan kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK.

 Letkol Inf Benny Angga menghimbau, masyarakat dan peternakan agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya guna mengantisipasi datangnya hewan ternak seperti Sapi, Kambing dan Kerbau dari wilayah lain.

 Ia berharap, warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, apabila ditemukan kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesu pada lidah).

 "Dari hasil pengawasan dan pengecekan sementara oleh Babinsa serta petugas terkait lainnya, bahwa hewan ternak sapi diwilayah Kabupaten Karo dalam kondisi sehat dan belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK," pungkas Dandim Letkol Inf Benny Angga. 

Laporan : Sekilap



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER