• Follow Us On : 
Kadis Pariwisata : Saya Berharap Kepada Polres Tanah Karo Supaya Menindak Para Pelaku Pungli Kepada

Kadis Pariwisata : Saya Berharap Kepada Polres Tanah Karo Supaya Menindak Para Pelaku Pungli Kepada

Sabtu, 28 Mei 2022 - 16:13:17 WIB
Dibaca: 809 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Aksi pungli kembali dilakukan segelintir kelompok masyarakat yang kerap melakukan pengutipan liar kepada pelaku wisata yang berkunjung tanpa izin dari pemerintahan desa maupun Pemerintah Daerah khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Karo.

Aksi pungli (pungutan liar) tersebut dilakukan oleh beberapa warga Desa Doulu, Kec. Berastagi, Kab.Karo, akhir-ahir ini, setiap pengunjung, pengendara yang melintas , kenderaannya distop dan diminta sejumlah uang dengan besaran jumlah yang bervariasi tanpa dapat menunjukkan legalitas ataupun karcis retrebusi, Jumat, 27 Mei 2022.

Aksi ilegal ini sebelumnya sudah dihentikan oleh jajaran pemerintah daerah kab.karo didampingi pihak Polres Tanah Karo. 

Akan tetapi saat ini sekelompok warga desa doulu kembali melancarkan aksi pungli tanpa mengindahkan hasil Rapat Tim Saber Pungli bersama pada Senin, 21 Juni 2022 saat digelar di gedung aula pur-pur sage Mapolres Tanah Karo yang kala itu dipimpin oleh Ketua Tim Satgas Saber Pungli Kompol Aron Siahaan ,SH bersama pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Karo, Ketua DPRD Kab.Karo beserta jajaran dan perwakilan tokoh masyarakat desa doulu dan juga dihadiri perwakilan warga desa semangat gunung.

Adapun beberapa poin kesepakatan bersama yang telah disetujui kala itu bahwa, "sebelum ada Payung Hukum maupun regulasi yang mengatur tentang retribusi maka retribusi yang ada di Desa Daulu dan Desa Semangat Gunung wajib "ditutup".

Ternyata poin kesepakatan yang telah disepakati bersama tersebut, hanya dianggap angin lalu dan terkesan himbauan atau larangan "abal-abal" oleh sekelompok masyarakat desa Doulu yang merasa dirinya kebal terhadap hukum yang berlaku.

Saat awak media menanyakan hal ini kepada Kepala Desa Doulu Emil Justin Ginting melalui pesan singkat whatsApp mengatakan, "sampai saat ini tidak ada izin pengutipan tersebut dari pemdes doulu, untuk lebih jelasnya bisa kam coba konfirmasi mereka yang diduga melakukan pengutipan,  apakah ada izin dari pemdes atau tidak," ujarnya seraya menyarankan agar awak media mempertanyakan langsung kepada para pelaku pengutipan liar tersebut.

Dilain tempat, Kadis Pariwisata pemuda dan olah raga kab.karo Munarta Ginting saat dihubungi via telpon seluler mengatakan, agar aparat Kepolisian menindak tegas pelaku pungli..!!

"Terkait keluhan pengunjung dan wisatawan atas adanya pungli sudah sering kami ingatkan kepada kades Doulu dan BPD agar kegiatan tersebut diberhentikan. Namun masih saja ada laporan dari wisatawan yang kerap mengeluh maraknya pungli didesa doulu kepada kami," ungkapnya

Kami dari Dinas Pariwisata kab.karo berharap kepada Tim Saber Pungli Polres Tanah Karo agar dapat segera menindak tegas para pelaku pungli yang jelas meresahkan, karna hal ini sudah sangat mencoreng dunia pariwisata di kab.karo." Jelasnya

 

Laporan  : Nico 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER