• Follow Us On : 
Status Gunung Sinabung Level III , Dandim 0205/TK : Zona Merah Harus Steril dari Segala Aktivitas

Status Gunung Sinabung Level III , Dandim 0205/TK : Zona Merah Harus Steril dari Segala Aktivitas

Sabtu, 26 Maret 2022 - 20:13:19 WIB
Dibaca: 743 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Ditengah pandemi Covid-19, Komandan Kodim 0205/TK Letkol Inf Benny Angga menekankan agar tetap mematuhi zona – zona bahaya dari Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo. Patuhi protokol kesehatan dan juga tidak memasuki zona merah Sinabung.

Hingga sekarang Gunung Sinabung masih berstatus siaga. Untuk itu, baik warga maupun wisatawan dilarang memasuki zona-zona bahaya yang ditetapkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan pemerintah. Semua kawasan zona merah tersebut telah dibuat portal maupun spanduk tulisan tanda dilarang masuk.

Himbauan ini disampaikan Dansatgas Tanggap Darurat Sinabung Letkol Inf Benny Angga , Sabtu 26/03/2022 pukul 16.30 WIB tadi di halaman Kantor Pusat Vulkanologi Gunung Sinabung di Desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpang.

Bentuk himbauan dengan menyatakan agar masyarakat disekitar lereng Sinabung dan para wisatawan maupun setiap orang supaya dilarang keras memasuki kawasan “zona merah”.

Sebab, potensi terjadinya erupsi dan guguran awan panas masih sangat tinggi, selanjutnya informasi terkait aktivitas Sinabung harus didapat dari unsur pemerintah yang dapat dipertanggung jawabkan, jangan percaya berita hoaks.

Dandim menekankan “Zona-zona bahaya dari Sinabung harus dipatuhi semua pihak demi keselamatan warga masyarakat itu sendiri, selan itu naluri bahaya harus selalu aktif sebagai alarm waspada dan tidak memasuki zona-zona merah dan pentingnya kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan,” tegas Dandim 0205/TK Letkol Inf Benny Angga. 

“Walaupun Gunung Sinabung terlihat tenang dan lembut dari jauh, tapi sesungguhnya, masih menyimpan potensi ancaman bahaya. Jangan pernah anggap enteng dengan kondisi gunung Sinabung saat ini, diam belum tentu tidak berbahaya, mari kita bijak mematuhi untuk kebaikan bersama termasuk disiplin memakai masker, menjauhi kerumunan dan rajin mencuci tangan,” kata Dandim.

Dandim , mengingatkan lagi, diminta masyarakat juga jangan cepat percaya berhubungan dengan informasi tidak benar tentang erupsi Sinabung, tetap upayakan informasi satu arah yaitu dari pemerintah, Kapolsek, Danramil, Camat dan Kepala Desa, sehingga tidak beredar berita hoaks, yang dapat merugikan kita semua, pesan Dandim.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim menyempatkan diri untuk singgah ke Pos Ramil 04/SE dan memberikan peralatan taekwando kepada anak didik Danramil .

Terpisah, Pengamat Pos Gunung Sinabung Armen Putra  , dikatakan, berdasarkan data sementara tersebut, maka status Gunung Api Sinabung masih ditetapkan pada level 3, dapat berubah tergantung suplai magma di dalam perut gunung.

Atas itu, ia mengimbau, masyarakat atau pengunjung tetap menjauhi kawasan zona merah, radius 3 kilometer dari puncak gunung.

“Kemudian radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur, dan radius 4 kilometer untuk sektor timur-utara,” tegas Armen. Artinya, demi keselamatan warga, zona-zona bahaya itu harus steril dari segala aktivitas, ujarnya mengingatkan

 

Laporan : Sekilap 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER