• Follow Us On : 
Bentuk Kekesalanya Dengan Pemkab Karo, Warga Liang Melas Dates Kirim Jeruk 3 Ton Kepada Presiden Saat pelepasan jeruk ke Istana Merdeka oleh Masyarakat Desa Liang Melas Dates. ( Ft Fb )

Bentuk Kekesalanya Dengan Pemkab Karo, Warga Liang Melas Dates Kirim Jeruk 3 Ton Kepada Presiden

Jumat, 03 Desember 2021 - 10:59:49 WIB
Dibaca: 2176 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Sebanyak 3 ton jeruk manis hasil panen warga Desa Liang Melas Dates Dataran Tinggi Karo akan diberangkatkan ke ibukota Jakarta, tepatnya di Istana Merdeka, sebagai oleh-oleh kepada Presiden RI Joko Widodo. Demikian disampaikan oleh Jimmy Perangin-angin, putra Liang Melas Dates kepada wartawan di Kuta Mbelin Kecamatan Tigabinanga, Kabuaten Karo , Jumat 03/11/2021 .

Menurut Jimmy, warga Liang Melas Dates mengumpulkan panen jeruk mereka sebagai oleh-oleh saat mengadukan nasib mereka ke Presiden Jokowi yang mereka cintai.

“Kunjungan ke Presiden RI ini bermaksud memperkenalkan secara langsung kepada Presiden potensi pertanian, lingkungan alam/ geografis, kondisi kesejahteraan masyarakat, dan keadaan infrastruktur di Liang Melas Dates,” ujar Jimmy.

Persoalan utama warga Liang Melas adalah jalan yang menghubungkan wilayah ini dengan dunia luar rusak parah. Dulunya warga menggunakan kuda sebagai transportasi yang menghubungakan wilayah mereka dengan dunia luar. Sejak dibuka jalan untuk kendaraan roda empat di tahun 1980 an, hingga sekarang tak pernah diaspal.

Di tahun 1980 hingga 1990 , hanya beberapa Jeep Willis yang menghubungkan mereka dengan dunia luas. Itupun setelah melalui jalan berkubang dengan lubang-lubang yang dalam. Di Musim Penghujan, jalananan pun menjadi licing dan mudah terperosok ke lubang-lubang dalam.

Tak jarang roda kendaraan Jeep Willis ataupun belakangan Toyota hardtop dilingkari dengan rantai besi agar bisa melintasi kubangan licin.

Ketika disadari daerah ini sangat subur dan minim wabah penyakit pertanian, karena dikelilingi hutan lebat, warganya pun menggiatkan pertanian di daerah ini. Terutama sekali mereka bercocok tanam jeruk dan cabe merah.

Meningkatnya hasil panen pertanian dari Liang Melas Gugung membuat mereka membutuhkan angkuta lebih besar. Ada beberapa Colt Diesel yang menjadi angkutan utama hasil pertanian warga. Namun, terutama di saat Musim Penghujan ini, truk-truk Colt Diesel ini terpaksa melintasi jalan dengan ditarik oleh Toyota Hardtop.

Jimmy menambahkan  " dulu sebelum terpilihnya Bupati Karo Cory S Sebayang dan Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting menyampaikan akan menjadikan Desa kami ini untuk menjadi satu kecamatan dan menjadikan Desa kami ini untuk menjadi Desa Pariwisata,  tapi apa yang kami dapat,  batu sebiji pun tak ada sampai sekarang,  itumakanya kami akan mengantarkan jeruk manis ini kepada Bapak Jokowi dan sekalian mengusulkan supaya jalan ke Desa kami ini untuk di perbaiki," ucap Jimmy

Laporan : Tim



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER