• Follow Us On : 
Begini Suasana Debat Publik Para Paslon Bupati dan Wakil Bupati yang Diselenggarakan KPU Karo Lima paslon Bupati Kabupaten Karo dan Wakil Bupati Kabupaten Karo foto bersama saat debat publik sesi kedua yang diselenggarakan di Sinabung Hills Berastagi, ruangan Hall Ballroom Lantai I, Sinabung Hills Berastagi, Minggu (22/11/2020). Foto: KS

Bumi Turang

Begini Suasana Debat Publik Para Paslon Bupati dan Wakil Bupati yang Diselenggarakan KPU Karo

Senin, 23 November 2020 - 16:14:39 WIB
Dibaca: 298 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo, Gemar Tarigan, ST, resmi membuka acara debat publik sesi ke 2 (dua) Calon Bupati Kabupaten dan Wakil Kabupaten Bupati Karo tahun 2020, yang diselenggarakan di Sinabung Hills Berastagi, ruangan Hall Ballroom Lantai I, Sinabung Hills Berastagi, Minggu (22/11/2020).

”Salah satu tahapan pemilihan adalah debat publik. Debat ini merupakan salah satu media untuk mencari solusi, mengutarakan gagasan dari para paslon (pasangan calon) Bupati dan Wakil Bupati dan untuk mengetahui apa saja konsep, program, visi-misi," ungkap Gemar dalam kata sambutan saat membuka debat publik tersebut.

”Untuk para Paslon pemilihan tinggal 17 hari lagi. Mari lakukan pendekatan kepada masyarakat Karo. Apa sebenarnya tujuan Bapak/Ibu menjadi Bupati Karo, mari utarakan visi dan misi serta program yang masuk akal. Mari lakukan pendidikan politik yang cerdas, politik santun dan politik saling menghargai. Pilkada sejati adalah adu gagasan atau adu program, bukan adu lainnya," paparnya.

Dalam debat publik sesi ke dua ini, tampak berlangsung sengit dan berjalan lancar serta kondusif. Dimana para paslon saling tanya - jawab, seperti paslon nomor dua (Cuaca Bangun) melontarkan pertanyaan ke paslon nomor 3 (Iwan Depari) tentang banyaknya anak - anak yang putus sekolah, banyak tidak melanjutkan pendidikan tinggi, dan apa saja program dan langkah yang dilakukan atas peristiwa ini?

Lantas paslon nomor 3 (Iwan Depari) menjawab pertanyaan tersebut:

”Mengenai perihal putus sekolah dan tidak melanjutkan, yang perlu kita ketahui dulu apa masalahnya sehingga anak-anak itu putus sekolah?. Kenapa tidak melanjutkan ke perguruan tinggi? Artinya ada masalah di bidang ekonomi, oleh karena itu pertama kita akan tingkatkan perekonomian, mengembangkan kompeten, misalnya dari segi bidang pertanian, memberikan pelatihan dan keterampilan," jawab Iwan Depari.

Demikian juga dengan paslon yang lainnya, yakni; Jusua Ginting, Yus F Surbakti dan Cory Sebayang, para pasangan saling bertanya dan dijawab satu sama lain.

Debat publik yang berlangsung hampir tiga (3) jam itu, situasinya berjalan aman dan lancar. Akan tetapi, ada kendala sedikit terkendala bagi para insan pers yang meliput dari arah area Restoran Sinabung Hills Berastagi,
jaringan internet kurang bagus.

Akibatnya, suara dari para paslon terkadang putus - putus. Atas kejadian ini menjadi pembelajaran bagi KPU Karo agar di debat berikutnya tidak terjadi lagi.


Turut hadir dalam debat tersebut, Ketua KPU Kabupaten Karo, Gemar Tarigan ST, Komisioner KPU Propinsi Sumatera Utara, Benget Silitonga, Ketua DPRD Kabupaten Karo, Iriani Br Tarigan, Ketua Bawaslu Kabupaten Karo, Eva Juliani Pandia, Komisoner Bawaslu Abraham Tarigan, Divisi Parmas dan SDM KPU Kabupaten Karo, Dewi A Susanti Ginting, M. Pd., Divisi Tehknis Penyelenggara Drs Lotmin Ginting, Divisi Program data dan Info, Rikardo Sitepu, S.Sos, . Divisi Hukum, Anwar Tarigan SH, Sekretaris KPU Kabupaten Karo, A Jhon Sikumbang, Kakesbangpol Kabupaten Karo, Tetap Ginting, kelia para paslon Bupati dan Wakil Bupati Karo serta para pendukung,tokoh masyarakat, kepolisian gabungan dari Polres Tanah Karo dan Polsekta Berastagi. (KS)



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER