• Follow Us On : 
Sekilas Prestasi Pelayanan Kesehatan di Karo dari Masyarakat Kecamatan Melalui Puskesmas dan PKK Ketua pokja 4 Kecamatan Berastagi dr Rehmenda Br Sembiring menyampaikan kata sambutan saat menerima kunjungan tim PKK Pematang Siantar, Kamis (10/9/2020). Foto: KS

Bumi Turang

Sekilas Prestasi Pelayanan Kesehatan di Karo dari Masyarakat Kecamatan Melalui Puskesmas dan PKK

Kamis, 10 September 2020 - 18:04:25 WIB
Dibaca: 264 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Pemerintah Kabupaten Karo melalui DInas Kesehatan saat ini terus memberikan pelayanan yang terbaik di bidang kesehatan kepada masyarakat.
Pelayanan kesehatan itu menyentuh sampai hingga tingkat kelurahan, yang diberikan melalui lembaga -lembaga yang berada di bawah naungan Dinas Kesehatan itu sendiri, seperti PKK (Pemberdayaan Kesehatan Keluarga) dan Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat).

Karena Tim Penggerak PKK Kabupaten Karo dalam menjalankan tugasnya mengusung visi: “Terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju -mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.”

Sebab, ada 10 program pokok PKK yang dijadikan pedoman untuk menjalankan tugas utamanya, satu di antaranya bergerak di bidang kesehatan.

Sehingga, program kesehatan yang diprioritaskan tim Penggerak PKK Kabupaten Karo  adalah kesehatan ibu dan anak, pasangan usia subur, ibu hamil dan ibu menyusui.

Untuk mengoptimalkan program ini, maka dibentuk Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang memiliki kader terlatih di bidang kesehatan.

Nah, kemudian, ada lima (5) pelayanan dasar di POSYANDU di antaranya adalah imunisasi, gizi, Keluarga Berencana (KB), Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), dan penanggulangan diare.

Maka, penyuluhan tentang kesehatan, gizi, dan Keluarga Berencana (BK) diadakan di Posyandu. Bahkan, diadakan pula pemberian makanan tambahan serta demonstrasi tentang makanan bergizi. Selain tim penggerak PKK, pelayanan masyarakat di bidang kesehatan juga dilakukan oleh Puskesmas.

Sedangkan, Puskesmas merupakan kesatuan organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan, sifatnya menyeluruh, terpadu, terjangkau oleh masyarakat. Namun, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan.

Dalam menjalankan tugasnya, Puskesmas mengusung visi: “Tercapainya kecamatan sehat menuju Indonesia Sehat." Dengan empat (4) indikator yaitu lingkungan sehat, perilaku sehat, cakupan pelayanan kesehatan yang bermutu, dan derajat kesehatan penduduk kecamatan.

Selain itu, tak lain, fungsi utama dari kesehatan adalah sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya, membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka kemampuan untuk hidup sehat, dan memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan masyarakat di wilayah kerjanya.

IVA TEST Tingkat Nasional

Khusus di wilayah Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara untuk meningkatkan pelayanan publik, di tahun 2019 silam, Puskesmas Berastagi salah satu Puskesmas peraih juara dua (2) prakarti utama IVA TEST tingkat nasional.

Atas prestasi itu, Ketua Pokja 4 Kecamatan Berastagi, dr Rehmenda Br Sembiring menerima kunjungan Tim PKK Kota Pematang Siantar bertempat di Gedung Kesenian Taman Mejuah juah Berastagi, Kamis (10/9/2020) siang.

Ketua Pokja 4 Kecamatan Berastagi dr Rehmenda br Sembiring ketika menyampaikan kata sambutan mengatakan ,

"Kami terus memberikan himbauan kepada warga, terlebih lebih kepada warga kecamatan Berastagi agar tetap mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi Covid 19 ini," demikian disampaikan dr Rehmenda Br Sembiring dalam kata sambutannya saat menerima kunjungan tim PKK Pematang Siantar. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER