• Follow Us On : 
Dandim 0205/TK Instruksikan Pasang Wifi di Kantor Koramil, Dukung Siswa/i Belajar Cara Daring Tampak, Babinsa jajaran Kodim 0205/Tanah Karo saat mendampingi para siswa belajar cara daring, Selasa (25/8/2020) pagi. Foto: KS

Bumi Turang

Dandim 0205/TK Instruksikan Pasang Wifi di Kantor Koramil, Dukung Siswa/i Belajar Cara Daring

Selasa, 25 Agustus 2020 - 12:43:34 WIB
Dibaca: 382 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Hasil jerih payah yang telah dilakukan oleh Babinsa Serka Darwis dan Babinsa se - Kodim 0205/TK akhirnya terobati, karen satu unit jaringan wifi sudah dipasang guna membantu anak - anak yang masih kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran berbasis internet (daring) khususnya di wilayah Koramil 08/TB jajaran Kodim 0205/TK.

Sistem pembelajaran cara daring yang diterapkan oleh pemerintah untuk anak didik yang masih dibangku sekolah merupakan dampak dari pandemi Covid-19 yang berpengaruh terhadap seluruh sektor.

Sebab, sistim pembelajaran tatap muka kini di ubah menjadi pembelajaran jarak jauh (berbasis internet). Penerapan itu tak lain, tujuannya memutus 'mata rantai' penularan Covid-19, khususnya kepada anak -anak yang dinilai belum imun tubuhnya belum kuat saat menghadapi serangan virus tersebut.

Dengan kebijakan tersebut, sudah pasti banyak kendala dihadapi oleh masyarakat, terkhusus di desa terpencil yang tidak tersentuh oleh jangkauan internet serta minimnya jaringan telekomunikasi telepom genggam.

Menurut salah satu tokoh masyarakat Kabupaten Karo, Roy Fachraby Ginting, SH., yang di dampingi Irwan Sitepu, mengatakan, bahwa sudah ada hotspot internet yang berasal dari wifi milik Pemerintah Desa se - Kabupaten Karo. Namun lanjutnya, dinilai jarak akses internet begitu jauh sehingga terkendala oleh sinyalnya terkadang sulit didapat.

“Ada pula beberapa orang yang sudah memiliki wifi karena mereka tergolong mampu secara ekonomi. Namun untuk pribadi, bagi keluarga yang belum mampu memasang wifi mereka terpaksa harus merogoh kocek untuk keperluan pembelajaran bagi anak-anak,” kata Roy Fachraby Ginting kepada wartawan, Selasa (25/8/2020) siang.

Ia menambahkan sulitnya sinyal bagi telepon genggam tidak stabil dikarenakan sebagian wilayah di Kabupaten Karo dikelilingi daratan tinggi yang bebukit. Selain itu, dinilai borosnya penggunaan kuota secara terus menerus.

Atas adanya informasi tersebut Babinsa Serka Darwis  menyampaikannya langsung ke Komandan Koramil 08/TBk yang kemudian menindaklanjuti dan melaporkan kepada Komandan Kodim 0205/Tanah Karo.

Gayungpun bersambut, Komandan Kodim 0205/Tanah Karo, Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, S., Sos., langsung merespon hal tersebut dan memerintahkan Danramil se- Kodim 0205/Tanah Karo  untuk membantu memasang satu (1) unit wifi yang nantinya diperuntukkan bagi anak-anak di wilayah hukum masing masing.

"Menyarankan agar jajaran Koramil seluruh wilayah Kabupaten Karo pembelajaran daring dan mempersilahkan anak-anak yang masih kesulitan  mengakses internet murah supaya tidak sungkan memanfaatkan wifi yang di miliki Kantor Koramil terdekat," saran Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto kepada wartawan, Selasa (25/8/2020) siang.

Atas kebijakan Dandim 0205/TK tersebut, Danramil 03/BT, Mayor Inf Jimmi Barus mengucap syukur dengan terpasangnya satu unit wifi untuk mendukung sarana pembelajaran online.

“Alhamdulilah satu unit wifi sudah berhasil kami pasang Senin sore kemarin; dan kami tempatkan diruangan kantor Koramil. Rencana nantinya wifi tersebut agar dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk pembelajaran daring bagi anak - anak di seputaran Berastagi yang tidak mempunyai paket data," ucap Mayor Inf Jimmi Barus kepada wartawan, Selasa (25/8/2020) siang.

Seorang warga yang warga yang bernama Andi Ginting menyambut baik ataa bantuan akses internet guna mendukung pembelajaran cara daring. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Dandim, Danramil dan Babinsa.

”Saya merasa bersyukur karena kesulitan yang kami alami mendapat respon baik dari Pak Dandim 0205/Tanah Karo. Terima kasih kepada pak Dandim,pak Danramil serta Pak Babinsa yang telah memberikan bantuan berupa pemasangan wifi untuk anak-anak. Alhamdulillah hari Selasa pagi sudah bisa dipergunakan anak - anak untuk pembelajaran online yang langsung dipandu oleh Bapak/Ibu guru masing masing siswa," ucap Andi. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER