• Follow Us On : 
Ini Imbauan Kadis Kesehatan Karo Terkait Seorang Wanita Positif Covid 19 yang Kondisinya Membaik Suami wanita berinisial S yang bernama Akiat ketika dikonfirmasi wartawan, Rabu (8/4/2020) di RSU Kabanjahe usai melakukan rapid test. Foto:KS

Ini Imbauan Kadis Kesehatan Karo Terkait Seorang Wanita Positif Covid 19 yang Kondisinya Membaik

Rabu, 08 April 2020 - 21:04:02 WIB
Dibaca: 2227 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Karo, drg Irna Sembiring mengimbau semua pihak untuk tetap menjaga suasana agar tetap kondusif. 

“Jangan panik, dan jangan menebarkan isu atau hoax, dan jangan saling menyalahkan. Dalam penanganan ini tidak bisa hanya Puskesmas, Polsekta, Camat dan Lurah serta Kepling saja yang menanganinya. Kita semua bersama masyarakat harus bersatu memutus 'mata rantai' Covid19. Dan salah satu kuncinya adalah disiplin,” imbau Kadis Kesehatan Kabupaten Karo, drg Irna Sembiring kepada awak media Rabu (8/4/2020) Pukul 11: 00 WIB, saat meninjau langsung kesiapan tim medis Puskesmas Berastagi, terkait seorang wanita berumur 59 tahun berinisial S, yang merupakan warga Berastagi diberitakan terpapar Covid 19. 

"Mari kita disipilin melapor, disiplin jaga jarak, disiplin cuci tangan dan disiplin tetap dirumah saja," imbaunya.

Selain mengimbau, Kadis kesehatan Kabupaten Karo juga berpesan kepada warga masyarakat, khususnya warga Berastagi, supaya tidak panik.

Karena pihaknya saat ini sudah melakukan pendataan bagi warga yang melakukan kontak langsung dengan warga mendapat status Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Bagi warga yang merasa sudah pernah melakukan kontak langsung dengan PDP (wanita berinisial S-red). Silahkan menghubungi Kepling atau langsung ke Puskesmas,” pesannya.

Terkait seorang wanita berinisial S yang terpapar Covid 19, Kadis Kesehatan Kabupaten Karo membenarkan.

"Berdasarkan hasil informasi dari pihak Rumah Sakit Columbia Medan bahwa saat ini terdapat 1 orang warga Kabupaten Karo yang beralamat di Jalan Veteran Berastagi berjenis kelamin wanita dengan riwayat perjalanan berpergian selama 3 minggu ke Surabaya dan kembali ke Berastagi pada tanggal 20 Maret 2020," ungkap drg drg Irna Sembiring.

“Dengan kesadaran sendiri PDP telah melakukan Isolasi mandiri di rumahnya. Namun selama isolasi, mulai muncul gejala batuk dan demam. Sehingga tanggal 31 Maret 2020 keluarga membawa pasien untuk dirawat di RS Columbia tanpa melaporkannya terlebih dahulu ke pihak Dinkes,” terangnya.

Ditambahkannya, kondisi wanitia PDP ini pada hari Selasa (7/4/2020) sesuai hasil RT-PCR pasien terkonfirmasi positif C-19 dari RS Columbia, sedangkan kondisi pasien (wanita-red) saat ini keadaannya sudah mulai membaik.

“Saya tadi sempat melakukan video call dengan pasien, dan keadaanya terlihat sudah mulai membaik, " ungkap Kadis Kesehatan Karo.

"Seluruh keluarganya yang berada di Berastagi telah dilakukan rapid test pada Rabu sore (8/4/2010) dengan hasil sementara negatif. Namun demikian, satu keluarga ini diwajibkan melakukan karantina mandiri," katanya.

Ditempat terpisah, suami dari wanita yang berinisial S yang bernama Akiat mengungkapkan, bahwa kondisi istrinya saat ini mulai membaik.

"Istri saya sudah mulai membaik. Barusan saya sudah video call dengan beliau. kondisinya sudah mulai membaik," ungkap Akiat dengan singkat ketika dikonfirmasi wartawan, Rabu (8/4/2010) di Rumah Sakit Umum Kabanjahe usai melakukan rapid test.

Laporan:KS



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER